Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netsains.Com Wakili Indonesia di WSA '09

Sarie , Jurnalis · Rabu 28 Januari 2009 13:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 01 28 56 187074 fsdrcQFZRi.jpg
JAKARTA - Netsains.com resmi mewakili Indonesia dalam ajang World Summit Award 2009. Ajang dua tahunan ini akan memilih dan mempromosikan web terbaik di beberapa bidang.

"Email pemberitahuan itu datang tidak terduga. Bahkan kabarnya deadline untuk memasukkan formulir peserta dipercepat. Untung, kami bisa memenuhi permintaan tersebut dengan cepat. Hasilnya, kami resmi mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut," ujar founder Netsains.com Merry Magdalena kepada okezone, Rabu (28/1/2009).

Menurut Merry, dalam ajang berskala global ini akan dipilih beberapa kategori web terbaik yang akan dipromosikan, seperti kategori e-health & environment, e-science, e-learning, e-business, e-government, e-inclusion, e-culture, and e-entertainment. Sedangkan Netsains.com sendiri akan mewakili Indonesia untuk kategori e-Science.

Ajang WSA ini dibentuk atas kerja sama WSIS, UNIDO, UNESCO, GAID serta negara pendukung lain. Diawali pada tahun 2003, diprakarsai oleh pemerintah Austria di even World Summit on the Information Society (WSIS), sebagai kontribusinya untuk menjembatani kesenjangan digital.

"Kesenjangan digital merupakan kesenjangan yang ada antara negara kaya dengan negara miskin, dimana yang kaya sudah sangat maju dalam penggunaan teknologi, sedangkan yang miskin masih tertinggal. Agaknya misi WSA ini seirama dengan misi Netsains.Com yang memang bertujuan untuk membangun komunitas sains populer Indonesia demi saling berbagi informasi, pengetahuan, opini, pengalaman antar berbagai kalangan, secara gratis, di Internet, ke masyarakat luas," papar Merry.

Tahun ini total ada delapan situs yang masuk nominasi WSA 2009 dan akan dinilai oleh dewan juri pada Maret hingga April mendatang. Pengumuman pemenang akan dilakukan di perayaan WSA 2009 Gala, di Monterrey, Mexico, pada 12 JUni 2009.

Netsains.com yang mulai tayang sejak Agustus 2007 ini berisikan kumpulan artikel, berita, opini, dari jurnalis, ilmuwan, pengajar, praktisi, pejabat, pebisnis, pelajar dan mahasiswa, atau siapa saja yang memiliki konsen terhadap sains popular, baik itu eksak maupun non eksak. Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 100 kontributor Netsains.com yang terdiri dari orang Indonesia di dalam dan luar negeri (Amerika, Jepang, Jerman, Belanda, Skotlandia).

Didirikan oleh Merry Magdalena, dibantu oleh Syariful Anwar di awal perjuangannya, juga sejumlah teman. Setelah vakum, Netsains dihidupkan kembali oleh Merry dibantu Soetrisno yang bermukim di Jepang (sampai hari ini keduanya belum pernah bertemu muka), juga Didik Wicaksono, seorang desainer web freelance. Selain hadir secara online, Netsains juga berupaya melakukan sejumlah kegiatan offline.

(srn.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini