Associated Press Tindak Situs yang Ambil Berita Ilegal

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Selasa 07 April 2009 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2009 04 07 55 208605 TxOvyvZUwW.jpg Logo AP (Foto: AFP)
WASHINGTON - Kantor berita terkemuka Associated Press (AP) akan mengambil langkah hukum terhadap situs-situs online yang mengambil berita mereka tanpa izin.

Bagi AP, kebijakan yang diumumkan pada Senin kemarin itu terpaksa diambil. Pasalnya, kantor berita terkemuka asal Amerika Serikat itu jengah dengan aksi pembajakan berita yang kemudian dipublikasikan di situs internet.

"Kami tidak bisa menunggu lagi orang mengambil hasil karya kami. AP terpaksa mengambil langkah tersebut," jelas Chairman AP Dean Singleton, seperti yang dilansir AFP, Selasa (7/4/2009).

Selain pelanggaran hak cipta, makin majunya internet yang bisa diakses oleh siapa saja membuat industri koran makin meradang. Seperti diketahui, makin mahalnya biaya di percetakan koran membuat industri ini pelan-pelan gulung tikar.

AP juga menuding Google News turut menjadi bagian dari aksi pelanggaran hak cipta ini. Pasalnya, situs agregator itu sering menunjukkan jalan bagi situs yang memuat berita AP tanpa izin, namun tanpa berbagi pendapatan iklan.

(srn.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini