Pemerintah Desak Produsen Domestik Sukseskan TV Digital

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2009 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2009 06 09 54 227697 W3zREbO2ww.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Pemerintah mengajak seluruh perusahaan yang ada di Indonesia bekerja sama untuk mensukseskan program peralihan siaran televisi analog menuju siaran televisi digital.

Menurut ketua Konsorsium TV Digital Indonesia (KTDI) Supeno, ada tiga komponen penting dalam industri TV digital, yaitu penyelenggara konten, jaringan provider, dan konsumen itu sendiri yang saat ini sudah ada 40 juta kepala rumah tangga.

"Yang paling penting itu adalah jaringan provider guna menyediakan transmisi baru. Sedangkan konsumennya, ya mau tidak mau harus ikut berimigrasi," ujar Supeno, usai peluncuran LG TV digital LHY70D di TVRI, Jakarta, Selasa (9/6/2009).

Diungkapkan juga oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian Anshari Bukhari, sebanyak 13 perusahan manufakturing dikuasai perusahaan asing. Porsinya, delapan perusahaan asing bercokol di Tanah Air, sedangkan sisanya lima perusahaan adalah perusahaan domestik

"Jangan sampai momen ini menjadi hal yang tidak dimanfaatkan oleh industri. Saya yakin dan sangat optimistis, akan ada nilai tambah bagi industri," tegasnya.

Pemerintah sendiri menargetkan, 200 ribu sampai 400 ribu set top box setiap tahun akan tersedia. Dengan harga kisaran, antara Rp300 ribu atau Rp400 ribu. Set top box ini nantinya dapat digunakan, bagi Tv analog untuk berimigrasi ke menangkap pemncaran digital, tanpa harus membeli TV khusus digital.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini