Amerika Resmi Pindah ke TV Digital

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2009 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2009 06 13 54 228880 0NcqVuyAoF.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

NEW YORK - Rakyat Amerika Serikat mulai hari ini atau Jumat dini hari waktu setempat, resmi melakukan transisi dari siaran TV analog ke TV digital. Ini menjadi era baru bagi dunia broadcasting di negeri Paman Sam tersebut.

Tepat 12 Juni 2009 dini hari setempat, pemerintah AS menerapkan kebijakan baru yang perpindahan sinyal TV analog menjadi TV digital. Ini artinya, mulai sekarang semua 3 juta kepala rumah tangga di AS harus menggunakan converter box, jika tidak ingin siaran TV-nya menjadi gelap.

Sebelumnya, beberapa warga di Washington rela mengantri dari pukul 03.00 pagi di Toko Freestore Foodbank untuk mendapatkan satu dari 250 converter box gratis yang dibagikan pemerintah, jika tidak mereka harus siap-siap merogoh kocek USD40 hingga USD80.

"Saya tidak berhasil mendapatkan converter box gratis itu, terpaksa saya harus membelinya, kalau tidak keluarga kami tidak lagi dapat menyaksikan siaran program di TV," tukas Harvey Durret salah satu orang yang mengantri, seperti yang dilaporkan Tech News Yahoo, Sabtu (13/6/2009).

Dari data riset yang dikeluarkan oleh Nielsen, kebanyakan kaum minoritas dan miskin disana tidak siap menerapkan transisi ini. Pasalnya, mereka masih mengalami ketergantungan terhadap antena untuk menangkap pancaran frekuensi.

Kebijakan TV Digital ini dimaksudkan frekuensi di ruang udara yang penuh sesak dari sinyal radio dan televisi bisa terbebaskan. Dan rencananya pemerintah akan mengisinya dengan sinyal broadband.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini