Hari Ini Gerhana Matahari Total

Kemas Irawan Nurrachman, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2009 06:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 07 22 56 240823 goBWpSIRyc.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) memprediksi datangnya gerhana matahari total yang akan melintasi separuh bagian bumi hari ini, Rabu (22/7/2009).

Pemandangan gerhana dengan magnitudo 1,0799 ini akan terlihat di sepanjang koridor yang melewati sebagian wilayah bumi. Bayangan umbra akan mulai terjadi di India dan melintasi Nepal, Bangladesh, Bhutan, Myanmar, dan China.

Situs resmi NASA kemarin melansir, setelah meninggalkan daratan Asia, jalur gerhana juga akan bergerak menyeberangi Pulau Ryuku di Jepang dan membelok ke bagian tenggara melalui Laut Pasifik, di mana total durasi maksimalnya hingga 6 menit 39 detik.

Pemandangan gerhana matahari total akan terlihat maksimal di Shanghai, China. Di Indonesia hanya akan terlihat gerhana matahari sebagian yang diperkirakan terjadi di wilayah bagian utara.

Hal ini juga terjadi di Asia Tengah dan Laut Pasifik. Para ahli astronomi menyebutkan, gerhana matahari total ini akan menjadi gerhana dengan durasi terpanjang selama 141 tahun.

Kepala Obervatorium Bosscha Taufik Hidayat mengatakan, gerhana matahari hari ini hanya akan terjadi secara parsial di Indonesia. Gerhana matahari total secara parsial ini kemungkinan akan terlihat di wilayah Aceh, Kalimantan Barat, Sumatera, dan Sulawesi.

"Pada daerah-daerah itu pun gerhana matahari tidak bisa dinikmati secara utuh," kata Taufik kemarin.

Menurut Taufik, gerhana ini akan terjadi sekitar pukul 07.00-11.00 WIB. Gerhana ini merupakan gerhana total terpanjang yang terjadi pada abad ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini