Associated Press Terapkan Sistem Registrasi

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2009 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2009 07 24 55 241724 LsW0nGKisE.jpg Ilustrasi (Foto: social media lawstudent)

WASHINGTON - Kantor berita Associated Press terus melakukan perlindungan ketat terhadap setiap isi berita yang ada situs online-nya. Mereka akan menerapkan sistem registrasi terbaru pada setiap kontennya.

"Sistem registrasi ini akan menjadi kunci dalam mengidentifikasi informasi dan persyaratan yang telah dipenuhi, sebelum pembaca dapat menikmati berita yang disajikan," demikian yang dikatakan AP, seperti yang dikutip AFP, Jumat (24/7/2009).

Kreasi terbaru yang dibuat AP sejak tiga bulan lalu itu terpaksa dilakukan demi melindungi hak cipta berita yang dipunyai. Pasalnya, berita-berita AP disering disadur oleh media lain tanpa hak dan sepengetahuan kantor berita yang berbasis di Amerika Serikat itu.

Lebih lanjut, AP mengatakan, registrasi berita ini akan mencakup semua konten teks hingga akhir tahun dan pada akhirnya akan diperluas hingga mencakup pada semua konten foto dan video. Jika ini berhasil, AP rencananya akan meneruskannya hingga awal 2010 mendatang.

"Apa yang akan kita lakukan ini adalah cara yang baik agar jurnalistik dapat bertahan hidup dan terus berkembang," ungkap Dean Singleton, Ketua Dewan Direksi AP yang juga Wakil Ketua dan Ketua eksekutif MediaNews Group Inc.

"Sistem seperti ini juga bertujuan untuk melindungi industri konten online, agar bisa memastikan bahwa kami dapat terus menyediakan berita di seluruh dunia yang asli, mandiri, dan berwibawa," tandasnya.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini