Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IndonesiaUnite Menjelma bak "Sumpah Pemuda"

Rachmatunnisa, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2009 13:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 07 31 55 243795 TRr2MQIluI.jpg (Foto: Facebook)

JAKARTA - Berawal dari respons terhadap serangan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, gerakan IndonesiaUnite di Facebook nampaknya mampu membangkitkan nasionalisme dan persatuan pemuda Indonesia.

Dalam waktu tiga pekan, profil IndonesiaUnite pada situs Facebook telah beranggotakan hampir 200.000 orang. Gerakan ini juga menjadi topik populer di situs mikroblogging Twitter.

Salah satu siaran televisi nasional bahkan mendukung dengan memberikan pesan yang mengajak orang-orang terutama generasi muda turut bergabung dalam gerakan ini. "Kami tidak Takut", demikian slogan yang disuarakan lewat IndonesiaUnite.

"Katakan dan perlihatkan bahwa kita semua tidak takut dengan semua aksi terorisme. Jalani kehidupan Anda seperti biasa namun tetap waspada," demikian bunyi salah satu pesan kampanye dalam situs tersebut.

Dalam waktu singkat, IndonesiaUnite kini menjelma layaknya peniup ruh "Sumpah Pemuda" baru yang tak hanya latah bergerak ketika ramai terjadi serangan bom. Gerakan ini juga kemudian didukung oleh Depkominfo Indonesia dan menjadi perhatian internasional.

Dilansir dari Monsters and Critics, Jumat (31/7/2009), IndonesiaUnite bukanlah sebuah organisasi. Tidak ada ketua atau dewan yang membentuknya. Melainkan Indonesia Unite adalah sebuah gerakan yang boleh diikuti siapapun untuk menggalang rasa nasionalisme bangsa.

"Tujuan Indonesia Unite adalah menyentuh hati setiap warga Indonesia yang peduli akan nasib bangsa dan berbuat sesuatu untuk bangsa ini," tulis Aulia Masna, blogger sekaligus salah satu penganjur kampanye ini.

Gerakan ini kini semakin berkembang. Para pendukungnya bahkan ada yang menciptakan kaos bertuliskan Kami Tidak Takut secara cuma-cuma untuk mengkampanyekan gerakan tersebut secara lebih luas.

IndonesiaUnite juga terutama menyasar para warga asing untuk menunjukkan bahwa situasiĀ  Indonesia aman dan akan selalu waspada mengantisipasi gerakan terorisme.

Kini semakin banyak orang yang mendesak agar IndonesiaUnite berkembang menjadi organisasi yang tak hanya berkampanye secara online namun juga offline.

(srn)

Berita Terkait

Facebook

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini