Kematian Noordin N Top Warnai Media Online Asing

Sarie , Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2009 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 08 08 55 246203 d8fQufGEPr.jpg Noordin M Top (foto: okezone)

JAKARTA - Berita kematian Noordin M Top terus menjadi pembicaraan publik. Tidak hanya media lokal tapi juga media asing, khususnya portal berita asing.

Saat ditelusuri okezone, Sabtu (8/8/2009), kumpulan berita di Yahoo News, dalam kategori berita-berita dunia (world) kebanyakan portal berita asing tersebut membuat berita kematian Noordin M Top di bagian Headline.

Saat menyambangi satu persatu portal ternama tersebut, hal ini memang terbukti. Dalam portal berita asing Reuters misalnya, kategori berita International Reuters mengangkat berita tersebut dengan judul 'Indonesia Believes Top Militant Killed'.

Sedangan di portal Agence France Presse (AFP), berita kematian Noordin juga masuk ke dalam kategori berita International dan menjadi headline di portal tersebut. Bahkan, berita tersebut masuk ke dalam salah satu Top Stories di AFP. Berita yang mampir di AFP menggunakan tajuk 'Asian Teror Suspect Noordin Dead'.

Di portal berita asing lainnya, Associated Press, memberi judul kematian Noordin M Top dengan 'Indonesian Cops Storm Suspected Militant Hide-out'. Berita ini pun masuk ke dalam Headline kategori berita Internasional.

Sayangnya, beberapa dari portal tersebut menyebutkan sumber berita berasal dari media televisi lokal. Namun ada juga beberapa berita yang berhasil mendapatkan klarifikasi dari pihak berwajib untuk memperkuat nilai berita mereka.

Ternyata, perhatian dunia juga tertuju pada Noordin M Top. Aksi pembomannya ternyata cukup meresahkan warga, tidak hanya di Indonesia tapi juga warga dunia. Pasalnya aksi ini tidak hanya menewaskan warga Indonesia tapi juga warga asing yang kebetulan berkunjung ke Indonesia.

Hingga saat ini, portal-portal berita asing tersebut masih terus mengupdate berita mengenai kematian Noordin M Top untuk disebarkan kepada warga dunia. Sayangnya belum ada statement resmi dari pihak berwajib akan kebenaran berita kematian Noordin M Top pascapenggerebekan di Temanggung, Jawa Tengah.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini