Kepala Lapan Manut Siapa pun Menristeknya

Rachmatunnisa, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2009 15:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 10 16 54 266340 CIt19Anctc.jpg Beberapa nama termasuk Bambang Sudibyo disebut-sebut akan menggantikan Kusmayanto Kadiman sebagai Menristek.

JAKARTA - Pergantian kursi calon menteri kini tengah ramai diperbincangkan, termasuk pula kursi calon Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Nama Bambang Sudibyo dan politisi PKS Suharna Surapranata disebut-sebut akan mengisi posisi ini menggantikan Menristek sebelumnya, Kusmayanto Kadiman.

Menanggapi nama-nama yang berseliweran, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Adi Sadewo Salatun yang termasuk dalam naungan Departemen Ristek mengatakan dirinya siap dipimpin siapa saja yang menjadi Menristek.

"Ibarat seorang prajurit, saya akan siap mengemban tugas yang diberikan oleh Menristek yang baru, siapa pun yang menjadi menterinya," kata Adi ketika dihubungi Okezone, Jumat (16/10/2009).

"Yang terpenting adalah Menristek dan pemerintah terus memberikan dukungannya kepada Lapan untuk mewujudkan program-program yang telah terencana," tambahnya.

Rencana program itu sudah diajukan kepada DPR. Namun Adi menyadari bahwa ada hal-hal lain yang menjadi prioritas pemerintah.

"Sama seperti lembaga dan departemen lain, kami sudah punya perencanaan matang tentang program-program yang akan dilaksanakan Lapan dan setiap menteri baru yang memimpin tentunya akan melanjutkan program ini," kata Adi.

Di antara program yang akan dilakukan Lapan adalah meluncurkan dua satelit milik sendiri pada 2012 mendatang, sistem penginderaan jarak jauh, serta sistem mitigasi bencana. Tiga program tersebut akan sangat membantu dalam memantau sistem komunikasi dan kondisi daerah saat bencana.

"Jika kita sudah memiliki satelit sendiri, saat bencana seperti di Padang kemarin misalnya, komunikasi akan terus terhubung tidak sampai putus. Kita pun bisa memantau daerah-daerah yang terkena bencana," lanjutnya.

Dengan kepemimpinan Menristek yang baru, Adi optimistis Lapan bisa segera mewujudkan semua program dengan sukses.

(rah)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini