NASA Temukan 'Cincin' di Lingkungan Tata Surya

Rachmatunnisa, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2009, 06:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 10 19 56 267162 JvBsdQl4Rb.jpg IBEX dirancang untuk mengambil gambar Heliosphere (Foto: NPR)

WASHINGTON - Para ilmuwan NASA menemukan sebuah lingkaran misterius pada sistem tata surya Bumi. Diketahui, garis lingkaran menyerupai cincin tersebut terbentuk dari hidrogen.

Penemuan terbaru ini menentang semua dugaan para ilmuwan sebelumnya tentang seperti apa tepi sistem tata surya kita.

Pimpinan Divisi Heliophysics NASA Richard Fisher menyebutkan bahwa penemuan NASA kali ini merupakan momen besar bagi komunitas sains. Fisher kemudian menjelaskan bahwa sistem tata surya kita tertutupi oleh sejenis lapisan pelindung yang disebut heliosphere yang melindungi Bumi dari radiasi kosmik.

Heliosphere tersusun dari partikel-partikel yang tertiup oleh angin solar. Tahun lalu, NASA meluncurkan Interstellar Boundary Explorer Mission (IBEX) yang dirancang untuk mengambil gambar heliosphere.

"Para ilmuwan tahu bahwa garis lingkaran misterius ini tersusun dari hidrogen. Namun mereka tidak tahu mengapa lingkaran itu bisa berada disana atau apakah itu sebenarnya," kata Fisher seperti dikutip dari NPR, Selasa (20/10/2009).

"Kami pun tidak mengerti mengapa bisa terdapat sebuah titik yang terang di dalamnya," tambah Fisher.

Namun Fisher menduga, garis cincin tersebut bukan sekedar garis biasa. Menurutnya, garis tersebut memiliki intensitas dan kepadatan. Saat ini, para ilmuwan tengah berupaya mencari tahu jawaban atas penemuan lingkaran cincin tersebut.

"Dalam beberapa tahun ke depan, saya optimis para ilmuwan akan memiliki penjelasan yang sangat baik tentang hal ini," tandas Fisher.

(rah)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini