Jadi Menristek, Apa Latar Belakang Suharna?

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2009 22:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 10 21 56 268011 jq1ZTkUtW4.jpg Menristek Suharna Surapranata

JAKARTA - Suharna Surapranata terpilih menjadi Menristek, mengalahkan kandidat populer lainnya yang sempat diwacanakan publik seperti Onno W Purbo. Tidak banyak yang tahu sepak terjang Suharna, baik secara pribadi maupun dalam karir politiknya di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di PKS jabatan terakhir Suharna adalah Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP), yang secara struktual tidak berhubungan langsung dengan teknologi.

"Di PKS, beliau menjadi salah satu orang yang membangun sistem informasi internal partai, yang menghubungkan kader-kader yang tersebar di mana-mana dengan pimpinan pusat," jelas sumber okezone di kalangan internal PKS, ketika berbincang beberapa waktu lalu.

Pria asli Sunda itu memang pendiri Yayasan Pendidikan Nurul Fikri. Yayasan ini sendiri cukup besar, dengan cabang yang ada di mana-mana, khususnya di Jabodetabek.

"Kang Suharna itu mencintai dunia pendidikan. Latar belakangnya dari berbagai universitas terkemuka, mulai dari lulusan Fakultas Matematika dan IPA UI, University of Tsubuka, hingga alumni Teknik Fisika di ITB," tambahnya. Asal tahu saja, Suharna menyelesaikan pendidikan S1 di FMIPA UI dan S2 di Teknik Fisika ITB.

Suharna sejatinya akan mengemban amanah menjadi anggota DPR untuk periode 2009-2014. Dia lolos ke Senayan dari Daerah Pemilihan Jabar I (Kota Bandung dan Cimahi). Bapak 10 anak ini juga menjadi salah seorang anggota pendiri Partai Keadilan (PK) tahun 1998, yang kemudian berubah nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebelum memulai karir sebagai politisi, Suharna banyak berkutat sebagai aktivis masjid kampus. Dia juga pernah bekerja sebagai peneliti di Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) dan Dosen FMIPA UI, serta mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional Lemhanas KSA X tahun 2002.

Suharna yang dilahirkan di Bandung, 13 Desember 1955, juga merupakan salah satu pendiri Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI). Sejak berdiri tahun 2004, MITI telah membangun jaringan di seluruh Indonesia dan luar negeri yang mencakup lebih dari 300 ilmuwan doktor Indonesia di seluruh dunia.

Profil Suharna Surapranata

Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 13 Desember 1955

Keluarga: 1 Istri, 10 Anak

Pendidikan

1. S1 Fakultas MIPA Universitas Indonesia (1978)

2. S1 University of Tsukuba, Jepang (1986)

3. S2 Magister Instrumentasi dan Kontrol Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (1991)

4. Pendidikan Kepemimpinan Nasional Lemhanas KSA X (2002).

Riwayat Pekerjaan

1. Pendiri Yayasan Nurul Fikri

2. Peneliti di Badan Tenaga Atom Nasional (Batan)

3. Dosen Fakultas MIPA UI

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini