Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Korupsi, Tifatul Andalkan eGovernment

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2009 09:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 10 22 54 268134 F6gzxwvgZL.jpg Tifatul Sembiring

DEPOK - Satu lagi terobosan Menteri Komunikasi dan Informatika terpilih Tifatul Sembiring. Dirinya berencana akan membuat konsep eGovernment, khususnya di setiap Pemerintah Daerah. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir angka kasus korupsi di kalangan pejabat daerah.

Tifatul mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam fit and proper test sudah mengarahkan untuk menciptakan teknologi di dalam pendidikan, bisnis, dan pemerintahan.

"Implementasi dari eGovernment itu, kita akan meminimalisir korupsi dengan cara komputerisasi, jadi sifatnya paperless," ujarnya saat pengumuman Menteri di kediamannya di Pondok Mandala IIBlok N/1 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok.

Dengan begitu, kata Tifatul, tidak ada lagi penerimaan uang secara kontan di Pemerintahan Daerah yang dapat menciptakan korupsi.

"Jadi tidak ada uang cash, pegawai pemda cukup bayar ke bank, nanti diberikan resi atau bukti, dan sudah penuhi prosedur dan izin, korupsi berkurang," tegasnya.

Tifatul menjelaskan, selain dapat mencegah korupsi, eGovernment dapat menjaga kerahasiaan Negara. � Banyak juga kepulauan belum tersentuh, transportasi sulit, tapi bagaimanapun caranya secara informasi harus diupayakan tersentuh.” Katanya.

Ke depan, kata Tifatul, masyarakat harus lebih sadar akan informasi dan teknologi, dimana teknologi yang digunakan harus merakyat serta ramah lingkungan.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini