Tilera Tantang Chip X86 dengan Prosesor 100 core

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2009 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2009 10 26 324 269343 Crv2b70RCa.jpg Salah satu produk Tilera

CALIFORNIA - Perusahaan pengembang chip Tilera meluncurkan prosesor seri TILE-Gx yang diklaim 10 kali lebih baik untuk efisiensi komputasi dari chip generasi selanjutnya dari Intel, Westmare.

Prosesor buatan Tilera ini diproses dengan TSMC 40 nanometer yang mampu beroperasi hingga 1.50 Ghz dengan tingkat konsumsi listrik antara 10 sampai dengan 55 watt saja, termasuk rendah untuk chip sekelasnya.

"Prosesor GX TILE-line buatan Tilera tersedia dengan core 16, 36, 64 dan 100. Produk ini menggunakan arsitektur skala jauh yang unik, dengan kemampuan melampaui inti mikroprosesor tradisional," jelas juru bicara Tilera Bob Doud kepada TG Daily, yang okezone kutip Senin (26/10/2009).

"Chip Tilera menggunakan dua-dimensi iMesh yang ter-interkoneksi untuk menghilangkan kebutuhan on-chip dan sistem Distributor Dynamic Cache (DDC) yang memungkinkan setiap core cache lokal untuk dibagikan secara koheren di seluruh chip," tambahnya.

Ditambahkan Doud, teknologi Tilera empat tahun lebih cepat dari semua chip yang ada di dunia ini. Bahkan dia membandingkan dengan Intel yang terkesan masih tradisional.

"Kami bisa mulai desain chip dengan 'bersih'. Intel terbebani oleh sejumlah 'aksesoris', sebuah investasi besar di arsitektur X86 . Mereka harus memastikan kompatibilitas untuk sejumlah server dan produk-produk konsumen," kata Doud.

"Tetapi pandangan kita adalah bahwa peningkatan kinerja tidak hanya menaikkan frekuensi clock. Meskipun frekuensi clock yang lebih tinggi tidak mengakibatkan kecepatan yang lebih tinggi, dan sebagai akibatnya daya menjadi naik secara eksponensial. Keyakinan kami adalah bahwa kinerja harus ditingkatkan melalui paralelisme - atau banyak core berjalan pada kecepatan clock yang sederhana," tambahnya.

Doud menekankan bahwa jajaran prosesor GX TILE ideal untuk berbagai aplikasi, termasuk jaringan perusahaan, komputasi awan (cloud computing), multimedia dan infrastruktur nirkabel.

"Cloud computing adalah istilah yang sangat luas dan jelas pasar yang sangat besar. Ini menjadi pijakan kita dalam memperluas pangsa pasar dari waktu ke waktu. Kami menawarkan dan menghitung efisiensi luar biasa, sekitar 10x lebih dari prosesor Intel Nehalem. Tilera juga memberikan performa yang lebih baik secara signifikan per Sun watt dari arsitektur SPARC," sambun Doud.

Doud mencatat bahwa "fundamental OS" untuk TILE-GX adalah distribusi Linux yang dikenal sebagai Zol Linux, atau nol overhead Linux.

"Prosesor kami sangat standar dalam hal Linux, yang telah berhasil porting lusinan platform. Dan setelah Anda menjalankan Linux, ada sejumlah alat-alat yang menawarkan dukungan untuk C ++ dan Java," tandasnya.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini