nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Software Game Surakarta

Zaki Jubaidi, Jurnalis · Jum'at 06 November 2009 16:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 11 06 325 273059 kSM1hpGYg7.jpg Game Surakarta

SURABAYA - Kegemaran bermain game membuat Dwi Purnomo Adi, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), menciptakan software permainan tradisional yang dikenal dengan nama Surakarta. Permainan ini mirip dengan catur, tapi menggunakan 12 pion. Jalannya pion tersebut sama dengan raja dalam catur.

"Pion-pion ini bisa bergerak satu langkah. Bisa maju, mundur, samping kiri dana kanan, serta menyerong," kata Purnomo, di kampus Ubaya Jalan Ngagel Jaya Selatan, Jumat (6/11).

Namun untuk bisa memakan musuhnya, pion itu harus memutar. Arena permaianan tersebut mirip dengan jembatan Semanggi Jakarta jika dilihat dari atas.

"Pion yang lebih dulu habis, dialah yang kalah," imbuhnya.

Software game Surakarta tersebut dijadikannya sebagaiĀ  tugas akhir perkuliahan. Purnomo akan diwisuda bersama 1.086 mahasiswa Ubaya lainnya pada Sabtu (7/11).

"Sebenarnya ada beberapa tema untuk tugas akhir. Tapi saya pilih game Surakarta ini karena sudah hampir punah. Sekalian untuk melestarikan permainan tradisional," cowok yang hobi main basket.

Game Surakarta ini memiliki tiga level kesulitan. Bisa dimainkan dua player, juga bisa satu player melawan komputer. Dia memerlukan waktu hampir dua bulan untuk menyelesaikan tahap ini, dari total waktu tiga bulan yang dibutuhkan.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini