eTicketing Kereta Menanti Kesiapan Masyarakat

Rachmatunnisa, Jurnalis · Jum'at 13 November 2009 10:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 11 13 324 275166 zgOl5uy7Pw.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemberlakuan sistem tiket elektronik atau eTicketing bagi para pengguna KRL ditargetkan bisa segera disosialisasikan kepada masyarakat.

Rencana ini memang molor dari jadwal sebelumnya. Pengelola KRL hingga saat ini masih menggarap persiapan sistem hardware yang dijadwalkan bisa rampung pada Februari 2010.

"Sistem hardware untuk persiapan penerapan sistem ini diharapkan bisa rampung pada Februari tahun depan. Untuk implementasinya, kami menunggu kesiapan dari masyarakat. Untuk itu, setelah semuanya rampung baru kemudian akan disosialisasikan kepada pengguna KRL," ujar Coorporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran, Jumat (13/11/2009) saat dihubungi Okezone.

Makmur menggambarkan sistem eTicketing ini nantinya akan mirip seperti smart card atau e-toll card dan bisa di top up atau diisi ulang di setiap stasiun. Tujuan dari adanya eTicketing ini salah satunya adalah untuk mendisiplinkan para pengguna KRL.

Sistem eTicketing ini juga kini menjadi bagian dari program kerja 100 hari Menteri Perhubungan (Menhub) untuk bidang perkeretaapian yang menjadikan proyek eTicketing sebagai sasaran utamanya.

Namun diakui Makmur, untuk mensosialisasikan penggunaan tiket ini tidak mudah. Pengelola KRL harus giat merangkul masyarakat agar mengerti manfaat dan cara menggunakan sistem ini.

"Sebagian mungkin ada yang bingung atau tidak senang dengan pemberlakukan sistem ini. Kami harus memberikan pengertian pada mereka tentang manfaat penggunaan eTicketing bagi pengelola KRL maupun pengguna KRL itu sendiri," kata Makmur.

Pengelola KRL hingga saat ini juga masih harus membenahi dan melakukan sterilisasi stasiun agar sistem tiket elektronik nantinya berjalan maksimal.

Makmur menyebutkan, pada tahap 2009 ini pihaknya tengah merenovasi sebanyak 17 stasiun, menambah sebanyak 40 gerbong kereta serta melakukan kerja bakti pembersihan stasiun setiap minggunya.

(rah)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini