nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indosat Bangun SKKL Jakabare

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Selasa 17 November 2009 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 11 17 54 276407 9ABFgsFO52.jpg Kabel bawah laut

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring berharap dapat menyegerakan pembangunan kabel bawah laut langsung ke Hong Kong, menyusul pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut Jakabare oleh Indosat.

"Setelah Jakabare kemungkinan akan ada kabel bawah laut yang langsung ke Hong Kong. Pasalnya pembangunan kabel laut sangat penting untuk menyediakan keterhubungan masyarakat," ujar Menkominfo Tifatul Sembiring saat meresmikan 2 backbone telekomunikasi terbaru SKKL Jakabare dan Satelit Palapa D di kantor pusat Indosat, jl medan merdeka Barat, Selasa (17/11/2009).

Sambungan Komunikasi Kabel laut (SKKL) JAKABARE (Jakarta-Kalimantan-Batam-Singapura) merupakan sistem kabel laut yang memiliki panjang 1.300 kilometer dan menghubungkan kota Jakarta, Pontianak, Batam, dan Singapura. Dengan beroperasinya sistem kabel laut ini Indosat akan memiliki kapasitas bandwidth 80 Gbps yang akan digunakan baik untuk jasa berbasis jasa IP maupun non-IP.

Seperti diketahui, pembangunan SKKL membutuhkan biaya tinggi. Indosat sendiri mengeluarkan biaya sekira USD100 juta untuk membangun SKKL JAKABARE.

Jaringan SKKL JAKABARE memiliki empat titik pendaratan di masing-masing pulau. Antara lain Tanjung Pakis (Karawang, Jawa Barat), Sungai Kakap (Pontianak, Kalimantan Barat), Tanjung Bemban (Batam), dan Changi (Singapura). Jaringan serta optik tersebut nantinya dapat mengantisipasi kemungkinan permintaan kapasitas yang sangat besar sampai satuan Gbps (Giga bit per second) dan dapat berfungsi sebagai redundant atau back up untuk jaringan internasional yang eksisting.

Semua sistem kabel FO (fiber optic) Indosat sudah menggunakan sistem ring atau redundant, sehingga jika ada yang putus, langsung akan di-back up oleh jaringan FO yang lain.

Indosat melalui sistem kabel laut JAKABARE memberikan layanan dan solusi komunikasi terpadu dalam payung ICS (Indosat Corporate Solution) yang dikemas secara khusus sesuai kebutuhan pelanggan korporat. Jasa yang dapat dilayani Indosat adalah IPLC (International Private Leased Circuit) atau dikenal dengan IWL (Indosat World Link) yaitu sewa jaringan internasional yang menghubungkan Jakarta dengan Singapura atau Batam dengan Singapura, jasa INP (Internet Network

Provider) yaitu koneksi internet internasional untuk pelanggan ISP, Jasa INL (Indosat National Link) atau sewa jaringan domestik untuk koneksi jakarta - Pontianak, Jakarta - Batam dan Pontianak - Batam serta jasa berbasis MPLS yang terdiri dari tiga layanan premium ethernet point to point (Virtual Leased Line), Premium ethernet mutipoint (VPLS) dan IPVPN.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini