Tropenmuseum Sumbang 37.071 Koleksi ke Wikimedia

Sarie , Jurnalis · Minggu 06 Desember 2009 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 05 55 282097 9ngFQvDPSu.jpg Tropenmuseum

JAKARTA - Museum Arkeologi terbesar di Amsterdam, Tropenmuseum memberikan 35.000 gambar tentang Indonesia secara eksklusif ke Wikimedia Commons.

Dalam keterangan resmi pihak Wikimedia, Sabtu (5/12/2009), Tropenmuseum menyumbangkan sekira 37,071 koleksi foto museum terkait hiasan, asesoris, baju daerah, perangkat upacara adat, serta foto-foto tempo dulu dari berbagai daerah serta periode dalam sejarah Indonesia.

Seluruh gambar dari Tropenmuseum di Commons ini dilisensikan di bawah lisensi bebas Creative Commons 3.0 CC-BY-SA. Secara singkat lisensi ini mengatur bahwa gambar-gambar ini bebas untuk digunakan dan dibuat karya turunannya asalkan disebutkan sumbernya dan disebarkan dengan lisensi yang identik.

"Sumbangan ini merupakan hasil dari upaya lobi yang telah cukup lama dilakukan oleh Wikimedia Belanda, salah satu mitra dari Wikimedia Foundation (WMF), yang juga dibantu oleh Wikimedia Indonesia, mitra lokal WMF di Indonesia. Semua gambar memiliki teks keterangan dalam bahasa Belanda dan tahun pembuatannya. Dengan koordinasi Wikimedia Indonesia, gambar-gambar tersebut akan diterjemahkan teks keterangan gambarnya ke dalam bahasa Indonesia serta dimuat pada artikel-artikel yang relevan di Wikipedia bahasa Indonesia," ujar sekretaris umum Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia Meutia Chaerani.

Wikimedia Commons (Commons) adalah salah satu proyek saudara ensiklopedia bebas Wikipedia yang dikelola oleh Wikimedia Foundation. Commons merupakan suatu situs web tempat penyimpanan berkas multimedia (termasuk gambar) berlisensi bebas.

Sedangkan Wikimedia Foundation (WMF) adalah organisasi nirlaba yang menaungi Wikipedia serta proyek-proyek sumber bebas (open content) lain seperti  Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, dan Wikisource. Tujuan yayasan ini adalah mendukung pengembangan pengetahuan bebas melalui proyek-proyek berbasis wiki dan menyediakan isi proyek-proyek tersebut kepada khalayak  secara bebas dan gratis. WMF berbasis di Florida Amerika Serikat dan didirikan pada 30 Juni 2003.

Wikimedia Indonesia (WMID) adalah organisasi nirlaba berbadan hukum perkumpulan yang bertujuan untuk mendukung pengadaan dan penyebarluasan materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia serta mengupayakan pemberdayaan masyarakat agar tergerak untuk ikut berkontribusi dalam upaya tersebut. Wikimedia Indonesia merupakan mitra lokal dari WMF yang memiliki tujuan serupa tapi tetap merupakan organisasi independen dan bukan cabang dari WMF.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini