2009, Tahun Facebook & Twitter

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2009, 12:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 12 13 55 284499 FJzmvFKKcL.jpg (Foto: AFP)

WASHINGTON - Tahun 2009 merupakan berkah bagi Facebook dan Twitter. Bagaimana tidak, kedua situs pertemanan ini mencapai titik balik kesuksesannya di dunia maya sepanjang tahun dengan ditandai meningkatnya jumlah pengguna situs tersebut.

Twitter, layanan mikroblogging besutan Biz Stone itu melambung tak terlepas karena makin popularnya penggunaan ponsel cerdas di tengah masyarakat, mengandalkan 140 karakter situs ini diminati karena simpel dan mudah. Didirikan pada Maret 2006, Twitter langsung melesat dalam kurun waktu tiga tahun saja.

Selain Twitter, nama Facebook tentunya yang paling fenomenal sepanjang 2009. Berdiri sejak tahun 2004 oleh Mark Zuckeberg, situs jejaring sosial ini sudah memiliki anggota sebanyak lebih dari 350 juta. Tak mengherankan, kalau Facebook mampu mengalahkan MySpace, yang dimiliki oleh News Corp.

Bahkan saking fenomenalnya, jika Facebook adalah sebuah negara, dan anggotanya adalah penduduk. Maka Facebook merupakan negara terbesar keempat di dunia.

"Mereka adalah pemenang besar. Pengguna Facebook meningkat hingga tiga kali lipat tahun ini, sedangkan Twitter akan terus tumbuh. Bahkan, saya prediksi akan ada tambahan empat juta anggota baru di awal tahun ini, situs itu dekat dengan angka 40 juta pengguna," jelas Son Keath, pendiri konsultan media sosial SocialFresh.com yang berbasis di Carolina Utara, seperti yang dikutip Strait Times, Minggu (13/12/2009).

"Tapi yang perlu diingat, meledaknya Facebook dan Twitter juga turut meluas ke berbagai segmen. Artinya, kedua situs itu tidak hanya digunakan untuk pertemanan, tetapi juga sebagai alat untuk membuat opini di tengah masyarakat," tambahnya.

Keath juga menambahkan, pada 2010 nanti Facebook dan Twitter akan tetap mengalami pertumbuhan, walaupun tidak akan sebesar sekarang. Nantinya, kedua situs ini juga semakin marak dimanfaatkan selain sebagai alat pertemanan dan bisnis semata saja, tapi bisa lebih dari itu.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini