Pengirim Miliaran Spam Didenda USD210.000

Sarie , Jurnalis · Selasa 22 Desember 2009 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 12 22 55 287214 JbALx5I7yv.jpg Spam

BRISBANE - Pengadilan Brisbane menjatuhkan hukuman denda yang cukup besar kepada produsen spam terbesar di dunia yang masih berusia 26 tahun, Lance Thomas Atkinson.

Atkinson dikenakan denda sekira USD210.000 karena terbukti bersalah menyebarkan ribuan spam email ke seluruh komputer dunia. Dirinya pun dianggap sebagai penggalang operasi spam terbesar karena kemampuannya dalam mengirim 10 miliar email spam dalam waktu satu hari.

Tidak hanya denda sekian dolar, pengadilan Brisbane pun melarang Atkinson untuk mengirimkan atau memproduksi email apapun dalam kurun waktuu tujuh tahun ke depan.

Dilansir melalui The Age, Selasa (22/12/2009), dalam menjalankan aksinya, Atkinson mengirimkan email kepada pengguna internet di seluruh dunia dengan iming-iming resep obat palsu, baik obat kecantikan, penguat tenaga pria, dan penurun berat badan.

Sebelumnya, Lembaga Media dan Komunikasi Australia menuntut Atkinson setelah menemukan bukti dari 100.000 keluhan email spam yang dilayangkan oleh para pengguna internet. Seluruh keluhan tersebut tertuju kepada dirinya.

Denda tersebut dianggap tidak seberapa, bahkan hanya sekira 7,82 persen dari denda maksimum untuk aksi spam, yang senilai lebih dari USD2,5 juta. Bahkan jumlah denda Atkinson, yang hanya USD210.000 itu telah dikurangi dengan keringanan yang diberikan pihak pengadilan karena Atkinson dianggap menunjukkan itikad baiknya, dan bekerja sama dengan para penyidik.

Pengadilan Brisbane menemukan, Atkinson telah terlibat dalam aksi spam ini selama 61 hari dari total periode 14 bulan aksi spam ini berlangsung. Selain itu, Atkinson juga terbukri terlibat dalam proses perekrutan spammer di seluruh dunia.

(srn)

Berita Terkait

spam

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini