Share

Mesin Pencari Baidu Dirusak Hacker Iran

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2010 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 12 55 293149 yPhukVnuCK.jpg (Foto: Twitter Budi Putra)

JAKARTA - Hacker asal Iran kembali berulah, saat ini mereka berhasil membobol tampilan depan dari mesin pencari ternama asal China, Baidu. Aksi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan peretas asal Iran tersebut.

Seperti yang diberitakan blog The Next Web, Selasa (12/1/2010) beberapa pengguna di negeri Tirai Bambu tersebut sempat mengalami kesulitan dalam menggunakan Baidu. Namun, saat dikunjungi okezone, tampilan situs itu sudah kembali normal, screen shot berhasil diambil dan sempat wara-wiri di layanan mikroblogging Twitter.

Dalam gambar tersebut, nampak tampilan Baidu yang telah diubah menjadi latar belakang hitam pekat. Dengan tambahan tulisan Arab, yang tidak diketahui artinya. Aksi pengrusakan ini sendiri, telah diklaim oleh kelompok 'Iranian cyber Army", sebagai yang bertanggung jawab.

Pembobolan oleh Iranian cyber army ini merupakan kesuksesan kedua bagi kelompok itu. Aksi mereka yang pertama sukses membobol Twitter pada pertengahan Desember lalu. Saat itu mereka sempat menuliskan pesan di tampilan depan Twitter dengan isi U.S.A. Think They Controlling And Managing Internet By Their Access, But THey Don't, We Control And Manage Internet By Our Power, So Do Not Try To Stimulation Iranian Peoples To....

Baidu sendiri merupakan mesin pencari terbesar di China, pangsa pasar mereka mencapai 77 persen di negara tersebut. Sebagai mesin pencari buatan dalam negeri sukses mengalahkan Google, sebagai pemimpin layanan sejenis di tingkat global.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini