Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendung Halangi Gerhana Matahari di Riau

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2010 14:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 01 15 56 294462 CIKSmf0vM2.jpg

PEKANBARU - Hari ini masyarakat akan melihat fenomena gerhana matahari cincin. Warga di Riau terancam tidak bisa menyaksikan peristiwa langka karena cuaca siang ini tidak mendukung.

"Gerhana matahari akan terlihat pukul 14.00 WIB, namun nampaknya hari ini mendung, jadi kemungkinan akan tertutup awan, jadi kemungkinan tidak bisa terlihat” kata Kepala Seksi Analisa Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Yohanes Drajat kepada okezone, Jumat (15/1/2010).

Terjadinya gerhana disebabkan karena posisi matahari, bumi dan bulan sejajar kemudian matahari tertutup oleh bulan yang terlihat dari bumi. Di Riau, diperkirakan akan bisa terlihat sampai dua jam ke depan jika cuaca mendung.

"Masyakat bisa melihat gerhana matahari hingga pukul 16.00 WIB. Persentase Gerhana matahari terlihat kemungkinan hanya sekira 30 persen," ujarnya.

Namun demikian, jika gerhana nanti terlihat, kata Yohanes, dihimbau untuk tidak melihat langsung gerhana karena nantinya dikawatirkan akan menimbulkan ganguan pada mata.

"Sinar yang dikeluarkan nanti sangat silau. Itu bisa menggangu kesehatan mati, jadi dianjurkan untuk memakai kacamata," tandasnya.

Irmansyah (23) warga Pekanbaru mengatakan bahwa dia sangat berharap kalau dirinya nanti bisa melihat terjadinya gerhana matahari.

"Soalnya saya belum pernah melihat gerhana matahari, selama ini sanya hanya dengar cerita dari orang tua saja, jadi saya berharap kali ini bisa menyaksikan langsung," harapnya.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini