92% Warga Jabodetabek Siap Terima Siaran TV Digital

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2010 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 21 54 296273 GtkjWCHW5s.jpg

JAKARTA - 92 persen masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dinilai siap menerima siaran digital. Seperti diketahui pada tahun 2010 ini merupakan siaran pertama perpaduan antara analog dengan digital untuk memulai tahapan awal migrasi ke TV Digital.

Menurut Bambang Subiantoro Pelaksana Tugas  Dirjen SKDI Depkominfo, angka 92 persen tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Universitas Indonesia dengan Nielsen.

"Kalau Jabodetabek secara umum sudah siap, bahkan  masyarakat Jabodetabek siap membeli set top box dengan harga Rp300 ribu hingga Rp325 ribu. Padahal pemerintah menetapkan harga set top box hanya Rp225 ribu, artinya secara ekonomi mereka siap," kata Bambang di acara diskusi bertajuk Kesinambungan Siaran TV-Digital di Indonesia" di Senayan City, Jakarta, Kamis (21/1/2010).

Bambang mengungkapkan untuk wilayah-wilayah lain di luar Jakarta saat ini masih sedang dalam tahap ujicoba.

"Kita masih bertahap, tanggal 29 Januari nanti kami masih uji coba di Bandung, akhir tahun kami akan uji coba di Batam," katanya.

Tapi diakui Bambang, untuk melihat kesiapan siaran televisi digital, perlu melihat kesiapan berbagai pihak, yakni pemerintah, industri dan masyarakat.

"Dari pemerintah sendiri telah menyiapkan iklim sejumlah regulasi untuk TV digital, seperti standar teknis penyiaran," kata Bambang.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini