Google Buat Orang Menjadi Pintar

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2010 15:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 02 20 55 305563 oDW3fRvgys.jpg

NEW YORK - Beberapa pengamat menyebutkan kalau mesin pencari Google membuat sebagaian besar orang menjadi bodoh, karena kemudahaannya membuat orang malas mencari informasi. Namun, hal tersebut dibantah dalam sebuah survei yang dilakukan Pew & American Projects.

Menurut hasil studi tersebut menyebutkan kalau mesin pencari Google tidak membuat bodoh. Hasil kesimpulan ini sendiri didasari pada wawancara yang mereka lakukan terhadap 895 orang, dan sebanyak 76 persen dari koresponden menyebutkan memang Google tidak membuat bodoh.

"Justru Google dapat membuat kita untuk lebih kreatif dalam mengatasai masalah dan lebih terhubung dalam pemikiran. Kita menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencoba mengingat dan lebih banyak waktu untuk menghasilkan solusi," kata Paul Jones dari ibiblio.org dari University of North Carolina Chapel Hill, seperti yang dilansir Internet News, Sabtu (20/2/2010).

"Google akan membuat kita mendapatkan lebih banyak informasi. Mesin pencari tersebut menyediakan akses universal terhadap informasi akan memungkinkan orang-orang untuk menyadari potensi penuh mereka, memberikan manfaat bagi seluruh dunia," tambah Hal Varian, kepala ekonom di Google.

Dia juga menambahkan, Google dapat membuat untuk memahami data tidak seperti bangunan artefak yang sama berulang kali pada jalur perakitan, melainkan memerlukan kreativitas, campuran dari pengetahuan yang luas dan mendalam, dan sejumlah koneksi ke orang lain. Itulah yang dilakukan Google adalah berusaha untuk memfasilitasi.

(tyo)

Berita Terkait

google

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini