Di AS, Media Online Mulai Kalahkan Cetak

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Senin 01 Maret 2010 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 01 55 308048 dqrTh1lMig.jpg New York Times Mobile

CALIFORNIA - Internet telah mengalahkan media cetak seperti surat kabar harian. Berdasarkan survei Pew Internet and American Life Project, masyarakat Amerika Serikat menjadikan internet sebagai sumber untuk memperoleh berita.

Ars Technica, Senin (1/3/2010) melansir, masyarakat menjadikan postingan di jejaring sosial dan news feed untuk mendapatkan berita-berita terkini.

.

Kendati demikian, internet belum mampu mengalahkan dominasi program-program berita dari stasiun televisi lokal ataupun nasional untuk memenuhi kebutuhan berita masyarakat.

Survei Pew juga mengungkapkan bahwa 37 persen masyarakat AS selalu berpartisipasi aktif dalam mengomentari berita-berita yang muncul. Kebanyakan aktivitas membaca berita dilakukan lewat ponsel mereka.

Peningkatan posisi media online di AS tak terlepas dari peran email. Banyak pembaca di Amerika Serikat memanfaatkan peran fitur 'e-mail a friend' atau 'post to Facebook' untuk menyebarkan berita-berita.

Di AS, dua situs milik CBS dan CNN diketahui sebagai situs berita yang sering diakses oleh masyarakat. Hampir 73 persen masyarakat merujuk ke dua situs berita tersebut. Sementara hanya 17 persen yang masih setia membaca surat kabar harian.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini