X6, 'Kotak Musik' Baru Nokia

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 01 April 2010 11:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 04 01 207 318359 2YtLeCMpSn.jpg Nokia X6

Nokia mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu vendor yang menciptakan ponsel yang ditujukan khusus bagi pencinta musik sejati. Lihat saja beberapa seri Xpressmusic dan 58xx yang sukses memperkenalkan cara baru dalam mendengarkan musik.

Tradisi ini terus dilanjutkan oleh Nokia, dengan memperkenalkan 'kotak musik' mereka yang terbaru, yang diberi nama Nokia X6. Seri X6 ini merupakan kelanjutan dari X3, yang beberapa waktu lalu juga sukses dirilis Nokia sebagai ponsel musik.

Berbeda dengan 'saudaranya' terdahulu, Nokia menghadirkan X6 ini tidak hanya sekedar ponsel sebagai handset saja. Namun, X6 juga memberikan musik yang tak tanggung-tangung jumlahnya, mencapai 3 juta lagu, dan semuannya diberikan secara gratis. Semua lagu itu sendiri, ditampung dalam sebuah katalog bernama Ovi Music Store. Jadi, mau mengunduh lewat ponsel atau PC, sama saja mudahnya.

X6, hadir mengusung teknologi layar sentuh 3.2 inchi, yang ketika dijajal okezone, mempunyai tingkat sentuhan yang nyaman dan user interface yang menarik. Apalagi ukuraan 111x51x13.8, dengan desain yang sedemikian rupa, membuat sentuhan 'kotak musik' makin terlihat jelas di handset ini.

Puas melihat tampilan luarnya, X6 ternyata mempunyai jeroan yang sangat mendukung sebagai ponsel pemutar musik. Lihat saja dukungan prosesor 433.9hz, serta konektifitas hingga HSDPA membuat mengunduh lagu dengan kualitas top, 7MB terasa lumayan cepat.

Urusan kapasitas ruangan, X6 hanya menyediakan internal memori dan tidak mendukung ekstrenal memori. Namun demikian, Nokia membenamkan internal memori hingga 16GB atau setera dengan 4 ribu lagu kualitas original. So, eksternal memori rasanya tidak dibutuhkan lagi di ponsel ini.

Daya tahan baterai di X6 juga lumayan tangguh, butuh waktu 2 hari untuk mengcash ulang X6, saat okezone menjajalanya dengan berbagai aktivitas mulai dari memutar lagu hingga bermain game. Tambahan fitur lainnya adalah, resolusi kamera 5MP dan head jack 3.5mm.

Berikut spesifikasi lengkap X6,

Platform: Symbian S60

Prosesor: 433.9 Ghz

Ukuran: 111x51x13.8

Layar: 3.2 inchi

Memori internal: 16GB

Camera: 5MP with carl zeiss optics

Konektifitas: GPRS/EDGE/HSDPA

Harga: Rp3,99 juta hingga 4,250 juta

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini