Pulitzer Pertama untuk Media Online

Sarie , Jurnalis · Selasa 13 April 2010 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 13 55 322139 ct4MI0O4Q4.jpg

PHILADELPHIA - Situs online nonprofit berhasil dinobatkan sebagai media online pertama yang berhak atas penghargaan jurnalisme terbaik Pulitzer.

Dilansir melalui Reuters, Selasa (13/4/2010), situs bernama ProPublica itu dianggap telah mampu mengimplementasikan etika jurnalisme yang baik, dan pemberitaannya pun dianggap sangat baik.

Salah satu berita yang membuat ProPublica berhasil memenangkan Pulitzer Award adalah sebuah berita investigasi tentang kematian kontroversial yang terjadi di rumah sakit New Orleans saat terjadi peristiwa Badai Katrina.

Cerita mengenai dilema seorang dokter yang harus mengambil keputusan tepat saat pasiennya terjebak banjir di rumah sakit tersebut, berhasil menarik perhatian juri Pulitzer dan menjadikan Propublica sebagai media online pertama sepanjang sejarah penghargaan tersebut. Berita tersebut ditulis oleh Sheri Fink dari ProPublica bekerja sama dengan New York Times Magazine.

Situs ProPublica saat ini memang sedang menjadi pembicaraan para pengamat jurnalisme. Bahkan situs ini diprediksi akan menjadi contoh baru dalam dunia jurnalisme di era digital, yang idealis dan hanya mengandalkan trafik pembaca untuk menarik iklan yang datang.

Dalam jajaran pemenang untuk kategori online yang lain adalah SFGates, situs yang dimiliki oleh San Fransisco Chronicle, memenangkan Pulitzer untuk kategori editorial cartooning. Sebuah animasi yang dipajang di situs tersebut dibuat oleh Mark Fiore dan merupakan kategori baru sepanjang sejarah Pulitzer.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini