nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Ponsel Bisa Berjalan & Menari

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2010 07:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 05 05 56 329734 LprhprxJ08.jpg Cally si Robot Ponsel (Foto: Cellular News)

SEOUL - Ji-Dong Yim dan Chris Shaw, dua orang ilmuwan di Fraser University's School of Interactive Arts and Technology (SIAT), sukses menciptakan robot dari gabungan ponsel yang dapat berjalan, menari dan mengekspresikan emosi seperti manusia. 

Yim, seorang doktor, dan Shaw adalah profesor, pertama kali menggunakan teknologi yang ada di ponsel untuk menciptakan Cally, ponsel aktif yang secara fisik adalah robot yang mampu berdiri setinggi 16 cm. Cally mampu berjalan, menari dan meniru gerak tubuh manusia.

Dia juga dapat membantu pengguna telepon seluler elektronik melakukan kontak mata dengan orang yang mereka ajak berbicara dengan melacak wajah manusia.

Para peneliti SIAT sebelumnya menciptakan robot dengan tambahan jaringan nirkabel, pesan teks dan teknologi interaktif lainnya untuk melahirkan Gondorukem. Dia lebih tinggi (hampir 16 cm) dan lebih emosional dan canggih dari kakaknya.

Gondorukem menggunakan layar emoticon dan mengirim pesan teks sebagai ekspresi wajah seperti manusia. Bahunya dapat merosot dan lengannya dapat mulai melambai atau panik untuk menanggapi krisis emosional, seperti hubungan putus.

"Bayangkan Anda melakukan video-call dengan saya melalui Gondorukem," jelas Yim, melalui Cellular News, Kamis (6/5/2010)

Shaw, supervisor doktor Yim, mengatakan keduanya sedang mengembangkan berbagai skenario layanan telepon dari prototipe Cally dan Gondorukem.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini