Pengguna Google Latitude Capai 3 Juta

Sarie , Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2010 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 07 325 330457 wLK92Mvi3H.jpg Google Latitude

SAN FRANSISCO - Layanan berbasis lokasi kini sedang naik daun. Hal ini dipicu oleh munculnya Foursquare dan Google Latitude. Bahkan Google Latitude sendiri telah digunakan oleh jutaan pengguna internet.

"Layanan berbasis lokasi memang saat ini sedang marak digunakan. Namun ternyata kondisi ini juga belum bisa dibilang sukses. Jadi, Google memutuskan untuk membagi data mengenai Latitude, yang saat ini telah digunakan oleh 3 juta pengguna internet di dunia," ujar Steve Lee, pejabat yang mengurusi masalah geolokasi mobile di Google, seperti dikutip melalui Softpedia, Jumat (7/5/2010).

Menurut Lee, angka tersebut merupakan tiga kali lipat dari jumlah yang ada di Foursquare saat ini. Bahkan jumlah tersebut menggambarkan kenaikan setiap bulannya sebanyak 30 persen sejak awal 2010.

Namun tentu saja, Foursquare dan Latitude bukanlah pesaing. Perbedaan paling mendasar adalah pendekatan layanan yang mereka lakukan. Foursquare lebih memilih untuk memohon ijin kepada pengguna layanannya terlebih dulu untuk secara aktif menambahkan lokasi yang ingin di-share, sedangkan Latitude akan otomatis menambahkan informasi lokasi di dalam layanannya.

Google sendiri tergolong sering menambahkan fitur baru di Latitude. Yang terbaru adalah penambahan Google Location History dan Google Location Alerts.

Salah satu kecanggihan Latitude kali ini adalah untuk penyimpanan trek lokasi, yang memungkinkan pengguna untuk melihat kembali tempat-tempat yang telah mereka kunjungi selama ini. Selain itu, Latitude juga kini dilengkapi dengan sistem peringatan untuk memberitahukan lokasi terdekat teman-teman yang juga menggunakan Latitude.

Daftar lokasi yang telah dikunjungi terdapat dalam fitur bernama Location Histroy. Fitur ini bisa dilihat di Google Earth, Google Maps atau diputar ulang dalam perangkat GPS pengguna.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini