FarmVille Bakal Keluar dari Facebook

Sarie , Jurnalis · Senin 10 Mei 2010 11:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 05 10 326 331042 L7Hc7x6SSW.JPG Farmville

SAN FRANSISCO - Pengembang game jejaring sosial, Zynga memutuskan untuk mulai menghilangkan ketergantungannya dengan Facebook. Pengembang FarmVille ini akan membuat jaringan game sosial bernama Zynga Live.

Zynga merupakan pengembang game yang cukup ternama di Facebook. Dari 10 game yang ada di Facebook, empat di antaranya merupakan buatan Zynga. Mulai dari FarmVille, Cafe World, Mafia Wars dan Petville. Selain Facebook, Zynga juga membuat game untuk Platform lain macam MySpace, MSN, Yahoo dan iPhone.

"Kami akan meluncurkan jaringan game sosial bernama Zynga Live. Ini merupakan inisiatif kami karena belum adanya titik temu saat bernegosiasi dengan Facebook. Dalam negosiasi yang kemarin dijalani, Facebook bersikeras untuk menutup Zynga Feed dan mengancam untuk menutup game tersebut. Oleh karena itu, kami mencoba membuat wadah jaringan yang sama untuk bersiap menghadapi kondisi terburuk sekalipun," ujar CEO Zynga Mark Pincus, seperti dilansir melalui TechCrunch, Senin (10/5/2010).

Dikatakan Pincus, Facebook juga mengharuskan Zynga untuk menggunakan platform pembayaran yang dimiliki Facebook, bernama Facebook Credit, sebagai satu-satunya alat pembayaran yang akan digunakan dalam transaksi di permainan itu. Selain itu, dari setiap transaksi, Facebook mewajibkan pembagian keuntungan 30 persen dari penggunaan Facebook Credits.

Selain itu, lanjut Pincus, Facebook juga memaksa Zynga untuk menyetujui jejaring sosial tersebut sebagai satu-satunya platform untuk setiap game yang dikeluarkan Zynga. Artinya, selain di Facebook, game Zynga tidak diperbolehkan berada di situs lain.

Untuk mengatasi perilaku yang dianggap sebagai 'hukuman' Facebook ke Zynga, pengembang game itu memutuskan untuk membuat situs jejaring game sosial, dimulai dengan peluncuran FarmVille.com.

Menurut para analis, perseteruan ini seharusnya tidak boleh terjadi karena adanya simbiosis mutualisme di antara kedua perusahaan. Zynga membutuhkan ratusan juta pengguna Facebook untuk meramaikan permainan ini, sedangan Facebook membutuhkan Zynga sebagai alasan agar para anggota Facebook dapat rutin mengakses Facebook setiap harinya.

Rupanya ketegangan antara Facebook dan Zynga akan semakin tinggi.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini