nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Video Ceramah Noordin M Top Beredar di Facebook

Sarie , Jurnalis · Senin 17 Mei 2010 11:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 05 17 55 333271 WK6bhZOCMT.jpg Screenshot video ceramah Noordin M Top di Facebook

JAKARTA - Sebuah video jihad yang menampilkan suara teroris Noordin M Top beredar marak di Facebook. Video tersebut cukup membuat heboh umat Islam di Indonesia. Pasalnya, Noordin M Top sendiri dikabarkan sudah meninggal.

Ditelusuri okezone, Senin (17/5/2010), video tersebut diposting di salah satu akun Facebook bernama Abu Mush'ab Azzarqawi. Video berdurasi 19 menit itu diposting oleh pemilik Facebook sejak 22 jam yang lalu.

Dalam komentar yang dilontarkan para pengunjung video itu, kebanyakan mengaku sangat senang mendengarkan ceramah yang diklaim asli suara Noordin M top. Setidaknya, terdapat 22 komentar yang masuk untuk menanggapi ceramah ini.

Tidak sedikit pula pengunjung yang meragukan keaslian suara tersebut. Namun begitu, seorang pengunjung mengatakan jika video ceramah Noordin M Top memang cukup banyak beredar sejak lama, bahkan sebelum gembong teroris tersebut meninggal, khususnya video ceramah bertema jihad.

"Insya allah, ada seorang ulama Tsiqoh yang mengonfirmasi ini adalah suara beliau... Wallahu a'lam," ujar sang pemosting.

Dalam video tersebut, hanya suara yang diperdengarkan, dengan tidak menampilkan gambar Noordin M Top atau suasana saat ceramah itu digelar. Background video tersebut hanya menampilkan sawah dan padi yang menghampar, lengkap dengan sinar matahari yang menghiasi. Gambar tersebut menghiasi sejak awal ceramah hingga akhir. Ceramah itu bertajuk 'Hebatnya Jihad! Ceramah Asy Syahid Abo Mo'awwidz Noordin M Top'.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini