MIT Siapkan Pesawat Ramah Bahan Bakar untuk NASA

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Senin 17 Mei 2010 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 17 56 333469 eFd87FFzkr.jpg

NEW YORK - Sebuah tim yang dipimpin Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah merancang sebuah pesawat ramah lingkungan untuk NASA.

Disebut ramah lingkungan, karena pesawat tersebut hanya menggunakan 70 persen lebih sedikit bahan bakar dari pesawat saat ini, selain itu pesawat ini juga mampu mengurangi kebisingan dan emisi nitrogen oksida. Demikian yang dilansir TG Daily, Senin (17/5/2010). 

Desain telah diserahkan kepada NASA sebagai bagian dari kontrak penelitian bernilai USD2.100.000 yang bertujuan untuk mengidentifikasi kunci teknologi sebuah kerangka pesawat canggih dan sistem propulsi. Pesawat 'Hijau' ini sendiri akan selesai dibuat dan memulai penerbangan sekira tahun 2035.

Tim MIT mengembangkan dua desain: Seri D (double-bubble) untuk menampung 180 penumpang yang mampu menggantikan pesawat Boeing 737 k, dan seri H (hibrida) dengan kapasita 350 penumpang' untuk menggantikan kelas 777, yang sering digunakan untuk penerbangan internasional.

Alih-alih menggunakan pesawat dengan silinder tunggal untuk seri D, para insinyur menggunakan dua silinder parsial ditempatkan berdampingan untuk menciptakan struktur yang lebih luas.

Mereka juga memindahkan mesin dari lokasi biasa di bagian sayap ke bagian belakang pesawat. Tidak seperti mesin pesawat kebanyakan, seri mengambil di udara bergerak lebih lambat. Hal ini memungkinkan mesin untuk menggunakan bahan bakar lebih sedikit untuk tapi mampu menghasilan tenaga doronga yang sama dari dorong, meskipun desain memiliki beberapa kelemahan praktis, seperti membuat mesin yang lebih berat.

Tim MIT mengharapkan mendengar dari NASA dalam beberapa bulan mendatang untuk memilih desain mana yang akan dikerjakan lebih dahulu.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini