MapQuest Bangkit Saingi GoogleMaps

Sarie , Jurnalis · Rabu 30 Juni 2010 14:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 06 30 55 348195 l9xitpN6TA.jpg MapQuest

DENVER - Penyedia layanan peta lokasi yang pernah menjadi pemimpin pasar, mengatakan akan bangkit dan mengalahkan Google Maps. MapQuest serius kembali menggarap pasar peta digital.

Mulai pekan ini, penyedia layanan peta digital yang telah menjadi bagian dari AOL itu akan memberikan tampilan baru yang lebih segar, tentunya dengan penambahan beberapa fitur, yang digadang-gadang mirip dengan Google Maps.

Versi beta MapQuest's menghadirkan logo dan tampilan yang lebih berwarna. Alih-alih menggulirkan peta ke bawah untuk melihat, pengunjung malah disodorkan peta langsung di sisi kanan layar, seperti di Google Maps. Ada juga kotak tunggal untuk mengetik pencarian.

Versi beta memudahkan pengguna untuk menanyakan arah, bukan hanya dari titik A ke B, tetapi juga dari titik C ke D. Pengguna dapat menyusun ulang poin arah mereka dengan mengklik dan menyeret ikon untuk mendapatkan petunjuk dari titik A ke B ke C, atau dari A ke C ke B.

Setelah rute dipetakan keluar, toolbar di bagian atas peta memungkinkan Anda untuk mencari toko-toko, taman, pompa bensin atau tempat lain di sepanjang jalan.

"Ini berarti layanan ini jadi lebih sederhana, lebih elegan, lebih cepat, dengan versi yang lebih intuitif, yang menawarkan informasi lebih lanjut untuk merencanakan perjalanan," kata general manager MapQuest Kristen Dwyer, seperti dikutip melalui Yahoo News, Rabu (30/6/2010).

Jika semua berjalan lancar, versi beta ini bisa menjadi tampilan default dari MapQuest pada bulan Agustus nanti, walaupun pengguna masih dapat memilih untuk menggunakan versi lama.

Sesuai dengan misi perusahaan induknya AOL, untuk menyediakan konten yang mampu menarik trafik, versi beta mapQuest ini juga menyertakan link hasil pencarian link untuk informasi hotel tertentu dan alamat restoran, untuk website atau konten tentang alamat tersebut.

Meningkatkan trafik merupakan hal yang sangat penting untuk AOL. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, pendapatan AOL turun 23 persen dari tahun lalu menjadi USD664.3 juta, sementara pendapatan perusahaan saingan, Google Inc dan Yahoo Inc dilaporkan meningkat.

Dalam kategori pemetaan online, Google Maps adalah yang paling populer dengan sekitar 63.3 juta pengunjung unik di bulan Mei, diikuti oleh MapQuest dengan sekitar 49.1 juta pengunjung unik, menurut angka dari comScore Inc. Sedangkan Yahoo Maps dan Bing Maps berada di bawahnya berturut-turut.

Menurut data comScore's MobiLens, di antara 33.5 juta orang yang mengandalkan peta digital pada ponsel, MapQuest meraih pasar sekira 8,5 juta.

Dulu MapQuest sempat menjadi pemimpin dalam pasar layanan peta digital. Namun posisinya harus tergeser sejak tahun 2008 hingga saat ini karena dominasi dari Google Maps.

(srn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini