Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Android Bakal Salip Blackberry di Indonesia

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2010 18:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 08 05 57 360161 z6MjQjhTMf.jpg

JAKARTA - Pertumbuhan pengguna ponsel Android di Indonesia diperkirakan bakal melampaui jumlah pengguna Blackberry. Indosat mengklaim sejak Februari lalu, jumlah pembeli Android mencapai sekira 50 ribu pengguna.

Menurut Group Head VAS and Marketing Indosat, Teguh Prasetya, Android tumbuh sangat cepat bila dibandingkan dengan Blackberry.

"Bisa dilihat selama empat tahun pengguna Blackberry hanya mencapai 1,5 juta pengguna. Pertumbuhannya kan bisa dilihat," kata Teguh saat ditemui okezone di kantor Indosat, Wisma Antara, Jakarta Kamis (5/8/2010).

Teguh mengungkapkan, platform Android yang merupakan sistem operasi open Source juga mendorong pertumbuhan pengguna Android.

"Tak sampai tiga tahun Android lambat laun bakal menyamai Blackberry," kata Teguh.

Tingginya penggunaan Android juga telah diantisipasi Indosat dengan mengeluarkan layanan baru untuk menarik konsumen, khususnya bagi pengguna ponsel Android. Belum lama ini Indosat menghadirkan solusi Android on Demand yang pertama di dunia. Solusi ini merupakan end to end yang diberikan kepada pelanggan untuk memaksimalkan data bagi ponsel Android.

Solusi Android on Demand Indosat Wiigo dapat dinikmati pelanggan melalui 3 jenis paket yaitu, paket push email dan chating dengan tarif Rp40 ribu per bulan. Lalu paket social networking dan chatting dengan biaya Rp60 ribu per bulan. Terakhir paket regular untuk push email, chatting, social networking, dan browsing Rp120 ribu perbulan.

Tren bahwa Android akan 'berbicara' di pasar ponsel telah terlihat terlihat di negara-negara seperti Amerika Serikat (AS)

Menurut riset Nielsen, handset Google Android telah menguasai pangsa pasar smartphone di AS sebesar 27 persen. Angka ini lebih besar ketimbang iPhone yang hanya 23 persen. Tapi, Android belum Blackberry buatan Research in Motion (RIM) masih mendominasi pasar ponsel pintar di AS dengan marketshare 33 persen.

(ugo)

Berita Terkait

android

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini