NSN Bantu Operator Pecahkan Masalah Spektrum

Sarie , Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2010 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 11 54 362098 r1BPkFD5Xt.jpg

JAKARTA - Nokia Siemens Networks bantu operator-operator GSM memecahkan masalah spektrum dengan menawarkan fitur efisiensi spektrum yang unik untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan.

Operator-operator GSM di seluruh dunia kini akan dapat lebih memaksimalkan spektrum yang terbatas dan meningkatkan kualitas layanan (QoS) secara keseluruhan. Nokia Siemens Networks telah meluncurkan fitur Dynamic Frequency and Channel Allocation (DFCA) unik yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan GSM menjadi dua kali lipat dalam spektrum yang ada. Fitur ini mendukung pertumbuhan, dengan tetap menjaga kualitas layanan dan biaya pengendalian.

Operator-operator GSM di pasar yang sedang berkembang menambah jutaan pelanggan setiap bulan. Namun, dengan keterbatasan spektrum  mereka tidak dapat menambah pelanggan baru dalam jaringan yang telah ada tanpa membangun BTS tambahan.

"DFCA memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu operator mengatasi tantangan berupa trafik suara dan data yang terus meningkat," kata Prashant Agnihotri, head of GSM/EDGE product management, Nokia Siemens Networks dalam keterangan resminya, Rabu (11/8/2010).

 

"Fitur ini membantu operator memperkecil bandwidth komunikasi suara, sehingga kelebihan bandwidth tersebut dapat digunakan untuk data, baik melalui Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE) ataupun dengan memanfaatkan kembali spektrum tersebut untuk Wideband Code Division Multiple Access/Long Term Evolution (WCDMA/LTE). Hal ini akan membantu operator meningkatkan potensi pendapatan per situs BTS secara substansial," ujar Agnihotri.

Fitur DFCA dari Nokia Siemens Network membantu operator untuk terus menambah pelanggan baru serta mengatasi masalah keterbatasan spektrum yang terjadi saat ini. Menggunakan kombinasi fitur-fitur software, solusi ini meningkatkan kapasitas tampung trafik dari situs-situs BTS yang ada, serta meningkatkan kualitas jaringan. Hal ini, pada gilirannya, akan meminimalkan investasi langsung untuk pembangunan situs tambahan, mengurangi biaya total kepemilikan. Manfaat tambahannya adalah peningkatan efisiensi energi per pelanggan yang sangat besar.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini