Blogger Indonesia Capai 2,7 Juta

Stefanus Yugo Hindarto, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2010 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 18 55 364107 CRjPffLvat.jpg

JAKARTA - Jumlah blogger di Indonesia terus meningkat di tengah serbuanĀ  platform-platform social media seperti Facebook dan Twitter.

"Jumlah Blogger terus meningkat dan hingga saat ini ada sekira 2,7 juta pengguna, dan saya rasa kehadiran platform lain justru menjadi nilai tambah bagi seorang blogger," ujar Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution di sela jumpa pers Pesta Blogger 2010 di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Pasalnya, lanjut Enda, membutuhkan keahlian dan komitmen yang lebih untuk menjadi seorang blogger. Salah satunya adalah kemampuan untuk meluangkan waktu.

Enda menjelaskan, platform sosial media tersebut sebenarnya justru mendorong blogger-blogger baru. "Blog bisa dikatakan sebagai tahap akhir seorang pengguna internet yang ingin memberikan informasi, orang bisa mulai dari yang simple, Facebook, dan Twitter kemudian blog," kata Enda.

Sementara itu, blogger senior Wicaksono atau yang lebih dikenal dengan Ndoro Kakung mengatakan, saat ini blog justru banyak digunakan oleh kalangan pendidik untuk pengajaran. sehingga fenomena penggunaan blog oleh para pengajar bisa mempengaruhi keberadaan jumlah blogger di Indonesia.

"Mereka para pengajar mulai menggunakan sosial media untuk metode pengajaran. Misalkan banyak sekolah yang menggunakan Facebook untuk pembelajaran bahasa Inggris dan ini membuat proses belajar yang dilakukan anak-anak menjadi lebih fun," kata Ndoro.

Menurut Ndoro Kakung, kehadiran guru di dunia social media termasuk blog memberikan warna tersendiri bagi dunia blog.

"Saat ini bisa dikatakan dunia blog ada kemajuan," kata Ndoro.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini