NSN Bantu China Mobile Siapkan Multimedia Konvergen

Sarie , Jurnalis · Minggu 22 Agustus 2010 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 22 54 365375 dsN4JP5n68.jpg

JAKARTA - China Mobile Bersiap Luncurkan Aplikasi Multimedia Konvergen dan memilih platform IMS dan Server Aplikasi Telephony Multimedia dari Nokia Siemens Networks.

Para pelanggan korporat China Mobile di Beijing, Yunnan, Xinjiang, Jiangxi, Hunan dan Fujian tak lama lagi akan menikmati berbagai aplikasi berbasis IMS seperti Mutimedia Telephony (MMTel) di atas layanan suara tradisional di seluruh koneksi telepon tetap, telepon bergerak dan Internet.

China Mobile telah memilih Nokia Siemens Networks untuk mengimplementasikan platform IMS Core, server aplikasi hiQ MMTel dan Session Border Controller (SBC) untuk memperkenalkan pengalaman komunikasi konvergen ini dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

IMS Core sendiri merupakan arsitektur jaringan inti strategis untuk VoIP dan layanan multimedia yang memiliki machinery control untuk memberikan kemudahan komunikasi dan mendapatkan hiburan bagi pengguna, tanpa melihat perangkat yang digunakan, baik melalui  jaringan kabel maupun nirkabel.

IMS dari  Nokia Siemens Network  adalah sistem terbuka dan terstandarisasi untuk menggabungkan layanan bergerak dan tetap, yang memungkinkan pengguna mengakses layanan yang sama tanpa melihat jenis infrastruktur akses.

Sedangkan Session Border Controller (SBC) menyediakan fungsi untuk menjamin komunikasi interaktif kelas satu yang terpercaya, baik sesi suara, video dan multimedia dalam batas-batas jaringan IP. SBC merupakan balok pondasi yang diperlukan untuk mendukung interoperabilitas  antar jaringan IP.  SBC mendukung banyak aplikasi dalam jaringan penyedia layanan, perusahaan, pemerintah dan contact center, untuk memungkinkan SIP trunking, hosting layanan VoIP dan konvergensi layanan tetap dan bergerak.

"Pengguna saat ini menuntut akses tanpa hambatan ke aplikasi-aplikasi multimedia  tanpa terkendala oleh perangkat atau jaringan yang mereka gunakan," kata Ding Weiqing, head of China Mobile customer business team, Nokia Siemens Networks dalam keterangan resminya, Minggu (22/8/2010).

"Platform IMS kami akan memungkinkan China Mobile untuk dengan cepat meluncurkan berbagai layanan yang tidak tergantung pada infrastruktur akses, perangkat dan jaringan.  Platform ini juga akan membantu para operator untuk menjadi pemain yang kuat di pasar konvergensi layanan tetap dan bergerak," tambahnya.

Sebagai langkah awal, Nokia Siemens Network akan memasang platform IMS core dan aplikasi telefoni multimedia untuk pelanggan China Mobile di Beijing, Yunnan, Jiangxi, Xinjiang, Hunan dan Fujian. Di masa yang akan datang Nokia Siemens Networks akan memperluas pemasangan jaringan IMS core dan menawarkan aplikasi-aplikasi multimedia tambahan di atas aplikasi suara lainnya seperti video sharing dan multimedia conferencing, baik untuk pelanggan korporat maupun perorangan dari China Mobile.

IMS dari Nokia Siemens Network adalah platform terbuka dan sudah terstandarisasi 3rd Generation Partnership Project (3GPP) yang memungkinkan pemasangan aplikasi konvergen multimedia untuk operator  telekomunikasi  secara cepat dan lebih hemat biaya.  Platform ini kompatibel dengan aplikasi-aplikasi multimedia yang ditawarkan oleh vendor tersebut dan pihak lain, sehingga memperluas jangkauan layanan dan operator dapat menarik pelanggan baru untuk menambah sumber pendapatan baru.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini