PB 2010 Mencari dan Ciptakan Agen Perubahan

Koran SI, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2010 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 26 55 366944 P9fDbQjKpj.jpg Logo Pesta Blogger 2010

SUKSES dihelat tiga tahun berturut- turut, Pesta Blogger Indonesia akan menyapa lagi Oktober mendatang. Agendanya baru, misinya lebih fresh, dan pesertanya juga makin meriah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pesta Blogger 2010 melibatkan lebih banyak pihak, meraup makin banyak bentuk media. Mulai Facebook, Twitter, hingga forum Kaskus. Pesatnya penggunaan media sosial di Indonesia juga menjadi wacana yang akan dibahas. Melalui sosial media pula, mereka berharap dapat melahirkan sebuah perubahan bagi Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Menurut Ketua Panitia Pesta Blogger 2010 Irayani Queencyputri, pesta blogger diharapkan dapat menemukan hal-hal hebat yang dilakukan para penggiat dunia online.

Sebelumnya, panitia pesta blogger pun mengadakan 'pemanasan' agar acara puncak menjadi lebih matang.

"Lewat Pesta Blogger 2010, kami ingin mempertemukan pribadi-pribadi maupun komunitas, melihat hal hebat yang dapat mereka lakukan bersama untuk mendorong perubahan lebih baik di Indonesia," jelas Irayani.

Tingginya pengguna media online di Indonesia memang menjadi kekuatan yang tak bisa diabaikan. Blog salah satunya. Pada 2010, pengguna blog di Indonesia mencapai 2,7 juta pengguna, yang tahun sebelumnya berjumlah 1,7 pengguna.

Selain blog, pengguna Facebook di Indonesia berjumlah 26 juta orang dari 30 juta pengguna internet. Tak heran, jika Indonesia kerap mewarnai topik-topik diskusi di media online. Keunggulan blog atau sosial media lainnya, seperti dituturkan Irayani, menjadi saluran bagi siapa pun yang ingin bersuara atau memberikan pendapatnya dengan mudah.

"Hal ini menjadikan penggiat media online sering dilirik para pekerja profesional untuk memberikan pandangan mereka bagi kemajuan Indonesia," papar Enda Nasution, Chairman Pesta Blogger 2007.

Tak hanya itu, media online juga dapat menjadi mediasi pembelajaran yang lebih inspiratif dengan kekayaan maupun keragaman yang melimpah.

"Terbukti dengan banyaknya para tenaga pengajar atau guru yang sangat berminat menyelami penggunaan blog maupun sosial media lainnya dalam kegiatan belajar mereka," jelas Chairman Pesta Blogger 2008 Wicaksono.

Selain Pesta Blogger, komunitas aktif blogger juga akan mengadakan acara Blogshop (blogging workshop) ke-10 kota di Indonesia, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Dukungan Amerika Serikat, diakui Ted Osius, Wakil Dubes AS di Indonesia, dilakukan untuk semakin menumbuhsuburkan demokrasi di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, mereka akan bekerja sama dengan blogger lokal di kota-kota tersebut untuk mengadakan pelatihan penggunaan blog dan media sosial.Hal ini dilakukan agar agen-agen perubahan yang sudah ada di masyarakat dapat menyuarakan kegiatan mereka melalui sosial media, termasuk mendorong lebih banyak orang untuk melakukan hal yang sama, yakni menghargai keberagaman demi masa depan Indonesia lebih baik.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini