Berca Siap Gelar Wimax dengan WiGO

Sarie , Jurnalis · Senin 20 September 2010 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 20 54 373969 ci03dGfQbE.jpg Wimax

JAKARTA - Salah satu penyedia layanan broadband berbasis 4G Wimax, Berca akhirnya meluncurkan produk andalannya WiGO.

"Dengan hadirnya WIGO yang menyediakan layanan broadband nirkabel 4G WIMAX, diharapkan bisa mengurangi kesenjangan digital, dan bisa berperan dalam upaya pencerdasan kehidupan masyarakat, yang mana pada akhirnya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di luar Jawa," ujar Chairman Berca Group Murdaya Widyawimarta Poo, dalam keterangan resminya, Senin (20/9/2010).

Dipaparkan Murdaya, WiGO akan mulai tersedia di Medan dan Balikpapan pada bulan Oktober 2010, selanjutnya menyusul Batam dan kota-kota besar lain di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara.

Dalam penggelaran jaringan 4G WiMAX  tersebut, Berca menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya beberapa perusahaan produsen perangkat WiMAX, ICT terkemuka, dan perusahaan telekomunikasi lainnya.

"Dengan dukungan pengalaman Berca selama bertahun-tahun di industri ICT, serta layanan purna jual yang prima, menjadikan WIGO sebagai layanan broadband yang memberikan pengalaman berselancar di internet dengan cepat, mudah dalam pemakaian dan memuaskan," ujar Murdaya.

Teknologi internet berbasis Wimax ini memungkinkan pengguna menikmati layanan broadband dengan kecepatan akses yang tinggi secara konstan. Selain itu 4G WiMAX memungkinkan operator memberikan garansi Quality of Service (QoS) kepada pengguna, dimana hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh layanan broadband lainnya. Dengan adanya keunggulan tersebut, 4G WiMAX menjadikan pengguna bisa memanfaatkan koneksi data secara intensif, seperti pada aktivitas streaming video dengan kualitas High Definition (HD),  ataupun memainkan game online yang menuntut bandwidth berkecepatan tinggi.

Sebelumnya, pada tahun 2009, Berca mendapatkan lisensi untuk mengoperasikan layanan 'Broadband Wireless Access (BWA)' di frekuensi 2.3 GHz, dengan lebar pita sebesar 30MHz, yang mencakup 8 zona layanan, tersebar di sebagian besar daerah-daerah di luar Jawa, yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bagian Selatan, Bali dan Nusa Tenggara. Berca memenangkan lisensi tersebut melalui tender e-auction, yang diadakan oleh Direktorat Pos dan Telekomunikasi, Kementrian Komunikasi dan Informatika.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini