Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WWF: Manusia Butuh Planet Bumi Tambahan

Sarie , Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2010 12:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 10 14 56 382437 Gz1JUujv3z.jpg (foto: Ilustrasi)

PARIS - Polusi karbon dan penggunaan sumber daya alam yang berlebihan semakin marak. Badan konservasi lingkungan PBB (World Wild Fund/WWF) mengatakan jika pada 2030 manusia membutuhkan tambahan bumi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Pada 2007 lalu, sekira 6,8 miliar manusia yang tinggal di bumi telah menggunakan lebih dari 50 persen sumber daya alam yang berkelanjutan. Dengan target penambahan populasi yang di proyeksi PBB, ditambah konsumsi sumber daya alam dan permasalahan perubahan iklim, pada tahun 2030 manusia membutuhkan dua bumi untuk menyerap sampah CO2, sekaligus memberikan sumber daya alam yang sama untuk dikonsumsi," ujar pihak WWF dalam konferensi keanekaragaman lingkungan yang diadakan PBB, seperti dikutip okezone dari AFP, Kamis (14/10/2010).

Bahkan, lanjut laporan WWF, jika semua orang di dunia menggunakan sumber daya yang sama dengan rata-rata konsumsi per kapita yang ada di AS dan negara Arab, maka dibutukan tambahan 4,5 planet bumi lagi untuk menampung itu semua.

Laporan yang sama juga menemukan jika sekira 71 negara telah berada di ambang krisis terkait sumber daya air bersih yang mereka miliki. Bahkan hampir dua pertiga dari negara-negara ini memiliki persediaan air dengan kondisi 'moderat hingga cukup parah'.

"Hal ini memiliki implikasi besar bagi kesehatan ekosistem, produksi pangan, dan kesejahteraan manusia. Dan kemungkinan ini akan diperburuk dengan adanya perubahan iklim," ujar pihak WWF.

Seiring dengan itu, ahli biologi juga mengatakan jika banyak spesies di bumi, terutama mamalia, burung dan amfibi mengalami kepunahan secara berkelanjutan. Spesies tersebut hilang atau punah dikarenakan aksi perburuan oleh manusia dan dampak perubahan iklim.

Antara tahun 1970 hingga 2007, laporan tersebut mengatakan jika indeks kesehatan keanekaragaman hayati turun hingga 30 persen. Di wilayah tropis, penurunan itu mencapai 60 persen.

PBB mencanangkan tahun 2010 ini sebagai Tahun Keanekaragaman Hayati Internasional. Tahun ini PBB memiliki tujuan pembangunan milenium dengan menargetkan seluruh negara anggota untuk menekan laju kehilangan satwa liar secara signifikan.

Selain itu, WWF juga mengatakan perbaikan bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengendalikan pencemaran dan pengelolaan limbah sehingga dapat menghasilkan udara yang lebih baik dan air yang berkualitas. Pemberlakukan konservasi hutan yang digalakkan juga dapat membantu menyelamatkan manusia.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini