Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komputer Supercepat Ada di China

Sarie , Jurnalis · Senin 15 November 2010 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 11 15 56 393481 UnF9pomKG9.jpg (foto: Straits Times)

BEIJING - China terbukti sebagai negara dengan teknologi yang cukup maju. Dalam daftar 500 komputer supercepat di dunia, China menduduki posisi pertama mengungguli Amerika Serikat (AS).

Tianhe-1, yang juga berarti Bima Sakti (milky way) dinobatkan sebagai komputer tercepat yang pernah ada di planet bumi. Tianhe-1 harus bersaing dengan komputer super lainnya dari berbagai negara dalam survei Top 500 supercomputers di www.top500.org

Menurut pihak penyelenggara survei, yang dilansir melalui Straits Times, Senin (15/11/2010), Tianhe-1 ternyata memiliki kecepatan komputasi mencapai 2,570 triliun kalkulasi per detik.

Sedangkan komputer super milik pemerintah AS yang dietakkan di Tennesse, yang diberi nama The Jaguar, berada di urutan kedua dalam Top 500 karena memiliki kecepatan sekira 1,750 triliun kalkulasi per detik.

Tianhe-1 selama ini digunakan sebagai mesin berpikir supercepat di National Centre Supercomputing di sebelah utara kkota Tianjin. Ternyata kebanyakan chip yang ada di Tianhe-1 menggunakan chip buatan perusahaan AS.

Diperingkat ketiga ditempati oleh sistem komputerisasi milik China lainnya, yang bernama Nebulae. Perangkat ini sekarang masih digunakan di National Supercomputing Center di sebelah selatan kota Shenzhen.

Meski superkomputer China menduduki dua peringkat teratas namun sistem komputer milik AS mendominasi daftar Top 500. Bahkan hampir setengah dari daftar tersebut diduduki oleh sistem komputerisasi buatan AS. Sedangkan China menduduki posisi kedua terbanyak dengan 42 sistem komputerisasi supercepat, mendahului Jepang, Prancis, Jerman dan Inggris.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini