Nokia Siemens Bentuk Jaring K3 Telko

Sarie , Jurnalis · Minggu 05 Desember 2010 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 04 54 400172 D4sUN2R76R.jpg Nokia Siemens Network

JAKARTA - Nokia Siemens dan pemain industri telekomunikasi membentuk Jaring K3 Telko bertujuan memperbaiki keselamatan dan kesehatan kerja di sektor telekomunikasi Indonesia.

Para pemain utama di industri telekomunikasi, termasuk Nokia Siemens Networks, telah meluncurkan Jaring K3 Telko (Jaringan Industri Penggiat K3 bidang Telekomunikasi) di Indonesia. Jaring K3 Telko memfokuskan pada upaya untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam mengenai Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) di sektor telekomunikasi di tanah air dan taat melaksanakannya. Forum ini didukung oleh para perwakilan dari beberapa operator, vendor, subkontraktor dan mitra telekomunikasi di Indonesia.

"Indonesia adalah salah satu pasar telekomunikasi yang tumbuh paling cepat di dunia. Bagi kami adalah sebuah keharusan untuk mengikuti standar K3 global yang ketat ketika menggelar proyek telekomunikasi, hal ini untuk memastikan proyek terlaksana tanpa gangguan dan juga menjamin keselamatan pekerja," kata Lord Mangaraja, sekretaris jenderal Jaring K3 Telko dan OHS manager, Nokia Siemens Networks Indonesia, dalam keterangannya, Minggu (4/12/2010).

"Jaring K3 Telko bertujuan untuk melengkapi seluruh pemain industri telekomunikasi denganĀ  keterampilan dan kesadaran yang benar, sehingga dapat memperbaiki secara signifikan standar K3 di tanah air, hal ini juga untuk mencapai nihil kecelakaan kerja yang memakan korban jiwa dalam waktu sesingkat mungkin akibat dari kegiatan yang tidak sesuai standar K3," tambahnya.

Para pekerja yang terlibat dalam proyek-proyek telekomunikasi di lapangan akan menghadapi berbagai lingkungan yang penuh tantangan, beberapa di antaranya sangat berisiko dan berbahaya. Dengan mengetahui standar-standar K3 serta menjalankannya secara ketat, akan dapat membantu menurunkan tingkat risiko kecelakaan kerja dan korban jiwa akibat melaksanakan pekerjaan tanpa mengikuti standar K3 yang ada.

Dengan peluncuran resmi Jaring K3 Telko, para anggota pendiri akan secara aktif merekrut dan mengajak para pemain lain di sektor telekomunikasi Indonesia untuk bergabung. Di antara kegiatan yang direncanakan untuk para anggota adalah seminar, pelatihan dan lokakarya. Forum ini juga bertujuan untuk ikut mendorong kelahiran draft regulasi K3 yang nantinya akan menjadi draft yg pertama kali ada di sektor telekomunikasi Indonesia.

Anggota Jaring K3 Telko adalah manajer/praktisi K3 dari Nokia Siemens Networks dan beberapa pemain di industri telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, XL, Bakrie Telecom dan NTS.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini