Misi Terakhir Discovery Ditunda Hingga 2011

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2010 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 06 56 400758 5eCcU3M7SN.jpg gambar: softsailor.com

CAPE CANAVERAL - Misi terakhir dan penerbangan terakhir dari pesawat ulang-alik Discovery diundur hingga awal Februari 2011. Hal ini dimaksudkan agar para teknisi memiliki lebih banyak waktu untuk meneliti sumber permasalahan dari kebocoran tanki di pesawat tersebut. 

Sebuah pengangkut muatan Jepang akan dipindahkan dari tempat dermaga ke bagian stasiun milik AS, agar bisa memberikan jalan bagi pesawat Discovery. Pemindahan ini menandakan kemungkinan bahwa peluncuran Discovery akan dilakukan pada bulan Februari tahun depan. Demikian yang dikutip dari USA Today, Senin (6/12/2010).

Pesawat ulang-alik Endeavour awalnya akan diluncurkan pada tanggal 27 Februari. Akan tetapi karena penundaan yang berulangkali dari Discovery menyebabkan Endeavour juga diundur menjadi tanggal 1 April 2011.

Misi penerbangan Discovery sudah diundur berulangkali. Awalnya akan diluncurkan pada tanggal 1 November, namun mengalami permasalahan teknis. Lalu diundur menjadi tanggal 5 November, namun permasalahan juga belum selesai, hingga harus mengalami penjadwalan ulang, hingga akhirnya rencana finalnya Discovery akan diluncurkan pada bulan Februari 2011. 

Para teknisi sampai sekarang belum bisa mengetahui penyebab keretakan pada tanki pesawat Discovery. Pihak NASA khawatir kalau keretakan tersebut bisa merusak sekat busa selama peluncuran dan merusak komponen pelindung panas dari pesawat Discovery.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini