Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Superkomputer AS Dipersenjatai 2.000 Unit PS3

Sarie , Jurnalis · Selasa 14 Desember 2010 13:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 12 14 56 403246 CjjWtBtlUD.jpg Sony PlayStation

SAN FRANSISCO - Angkatan Udara AS telah mengubah sekira 2.000 konsol game Sony PlayStation menjadi sebuah superkomputer yang dapat membantu menjalankan tugas militer.

Komputer terbaru itu dinamakan Condor dan telah ditransformasi sedemikian rupa di dalam laboratorium penelitian Angkata Udara AS (AFRL) di New York untuk memulai langkah pemangkasan biaya operasional militer dan menciptakan lingkungan hijau dengan penggunaan teknologi konvensional.

Condor diklaim menggunakan sekira 1,760 unit prosesor Sony PlayStation 3 yang dilengkapi dengan teknologi high-end. Dengan demikian perangkat ini akan memiliki kecepatan 50.000 kali lebih cepat ketimbang laptop biasa.

Perangkat baru ini dipercaya sebagai salah satu dari 34 superkomputer yang paling canggih di dunia. Condor akan menangani tugas militer seperti riset artificial intelligence, deteksi pengenalan pola, dan analisa gambar dari sistem pertahanan dengan kapasitas yang besar.

"Pembuatan perangkat ini memang cukup murah dibanding perangkat lain dengan fungsi yang sama beratnya. Selain itu Condor juga hanya mengonsumsi sepersepuluh dari daya yang dibutuhkan oleh superkomputer lain," ujar Direktur High Power Computing AFRL, Mark Barnell, seperti dikutip melalui Telegraph, Selasa (14/12/2010).

Menurut Barnell, total pembiayaan sistem komputer Condor ini hampir sebesar USD2 juta, atau lebih murah 10-20 kali lipat dibanding biaya pembuatan superkomputer sejenis.

"Superkomputer ini merupakan bukti inisiatfi bagian penelitian militer AS untuk mencari segala kemungkinan penggunaan perangkat semurah mungkin. Bahkan Condor bisa dibilang sebagai superkomputer yang memiliki kecepatan lebih daripada yang ada di Departemen Pertahanan AS," ujar Barnell.

"Pemilihan konsol game PlayStation adalah karena di dalamnya terdapat chip Cell BE, sebuah teknologi inovatif yang dapat mengakselerasikan aplikasi multimedia dengan sangat baik," tandasnya.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini