Diseret ke Pengadilan, Apple Sogok Gadis 13 Tahun

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2010 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 24 57 406980 0YHhF3IZXG.jpg foto: www.techau.tv

SEOUL - Seorang gadis berusia 13 tahun asal Korea Selatan menuntut Apple ke pengadilan bulan depan, ini terkait dengan masalah iPhone 3G miliknya yang mengalami kerusakan. Uniknya, dia mengklaim kalau perusaahan tersebut menawarinya uang agar diam.

Tuntutan ini dilakukan oleh Lee Chul-ho, ayah dari gadis berusia 13 tahun tersebut, dia berharap kalau mereka bisa mendapat uang sekira 294.000 Won (USD251) sebagai kompensasi, karena Apple service centre menolak untuk memperbaiki iPhone 3G tersebut, meski masih dalam masa garansi satu tahun. Demikian seperti yang dikutip dari TheNextWeb, Jumat (24/12/2010).

Untuk menguji apakah iPhone tersebut rusak karena terjatuh ke air, Apple membuat iPhone dengan sebuah sensor di bawah perangkat tersebut yang akan menjadi tidak berwarna apabila rusak karena air. Untuk kasus ini, nampaknya Apple menolak untuk memperbaiki ponsel tersebut karena sensornya mengindikasikan kerusakan karena air, tapi Lee menyangkalnya.

Lee mengklaim kalau Apple Korea berusaha untuk membungkam ayah dan anak tersebut, menawarkan kepada mereka uang sebagai pengganti ongkos perbaikan jika gadis tersebut membatalkan tuduhannya dan setuju untuk tidak berbicara ke publik.

Sementara pihak Apple menyatakan kalau tindakan mereka adalah sebuah prosedur rutin, mencoba untuk berkompromi dengan pengguna sebelum dilakukannya proses hukum.

Lee Chul-ho menyangkal kalau tuntutan yang dilakukan atas nama anaknya itu hanya semata-mata untuk uang. Dia menyatakan kalau bahwa ada banyak pengguna yang dirugikan apabila berurusan dengan isu iPhone rusak karena air.

"Meski kita melakukan tuntutan untuk mendapatkan biaya ganti rugi, tapi tujuan utama dari tuntutan ini adalah ditujukan agar Apple meningkatkan kebijakan pelayanannya kepada para konsumennya, khususnya yang menghadapi situasi yang sama dengan kami," ujar Lee.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini