NSN: Pembelian Aset Motorola Ditunda Hingga 2011

Sarie , Jurnalis · Rabu 29 Desember 2010 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 29 54 408228 fqq4Lh0noC.jpg

HELSINKI - Perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi Nokia Siemens Network (NSN) terpaksa harus menunda pembelian aset infrastruktur milik Motorola, menunggu persetujuan regulator China.

Rencana pembelian ini telah dilayangkan NSN sejak 19 Juli lalu. Dalam rencana tersebut NSN bersedia membeli aset infrastruktur jaringan nirkabel milik Motorola sebesar USD1,2 miliar. Pembelian ini juga merupakan salah satu upaya NSN untuk menjadi pemain nomor dua di industri ini.

Sebelumnya, pihak NSN maupun Motorola berharap kesepakatan ini akan selesai pada akhir tahun 2010. Namun lamanya persetujuan dari regulator membuat mereka harus menunda target penyelesaian pembelian hingga di kuartal pertama 2011.

"Persetujuan dari beberapa lembaga terkait telah kami terima, tinggal menunggu persetujuan dari lembaga antimonopoli di kementerian perdagangan China. Sekarang masih dalam proses," ujar pihak NSN, seperti dikutip melalui Straits Times, Rabu (29/12/2010).

Pada 15 Desember lalu rencana pembelian ini telah mendapatkan restu dari Komisi Eropa. Lembaga tersebut mengatakan jika transaksi ini tidak memiliki potensi signifikan terhadap kompetisi di wilayah perekonomian Eropa, atau hal-hal substansial lainnya yang berhubungan dengan kompetisi di pasar.

Selain dari Komisi Eropa, pembelian Motorola oleh NSN ini juga telah mendapat persetujuan dari regulator perdagangan di AS, Brasil, Jepang, Rusia, Afrika Selatan, Taiwan dan Turki.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini