Chrome Susul Pencapaian Safari di Pasar Browser

Ahmad Taufiqurrakhman, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2011 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 06 55 411162 1LWo3JNEYC.jpg Google Chrome

CALIFORNIA - Google Chrome telah melewati Apple Safari untuk menjadi browser ketiga terbesar di AS, menurut statistik bulan Desember 2010 dari firma analisis website, StatCounter.

Sementara itu, pimpinan pasar browser Microsoft Internet Explorer terus kehilangan marketshare mereka, hampir dua persen dari bulan sebelumnya. Para pengguna nampaknya banyak beralih ke Google Chrome yang berkembang menjadi 1,55 persen dan Safari, yang mengalami kenaikan sebesar 0,24 persen. Demikian seperti yang dikutip dari PC magazine, Kamis (6/1/2011).

Yang harus mendapat perhatian penuh sebenarnya adalah Microsoft karena di wilayah Eropa, Mozilla Firefox baru saja mengambil posisi IE sebagai browser yang paling populer d benua tersebut.

"Ini adalah kali pertama IE telah turun dari posisi pertama sebagai browser paling populer di benua tersebut," ujar Aodhan Cullen, CEO dari StatCounter.

Menurut data Statcounter, marketshare global dari IE menurun di bawah 50 persen untuk pertama kalinya pada bulan Oktober 2010. Sementara itu Mozilla Firefox tetap stabil dengan berada di posisi ke dua tahun lalu.

Data StatCounter diambil dari 15 miliar sampel page view per bulan, yang mana 4,9 miliar di antaranya berasal dari wilayah Amerika Utara.

Akan tetapi, penelitian ini tidak termasuk IE 9 Beta. Awal pekan ini Microsoft mengklaim kalau IE 9 Beta telah diunduh lebih dari 20 juta kali.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini