'Hello World' Artikel Pertama Wikipedia

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2011 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 16 55 414447 08bWmAN0jz.jpg Jimmy Wales

CALIFORNIA - Wikipedia, situs ensiklopedia bebas berbasis online, yang memelopori cara baru untuk berbagi informasi, telah mencapai tonggak kehadiran mereka yang sudah berjalan hingga10 tahun. 

Untuk mengenangnya, pendiri Wikipedia Jimmy Wales melihat kembali pada 10 tahun pertama kehadiran Wikipedia. Awalnya, proyek artikel bebas diluncurkan oleh pengusaha AS Jimmy Wales di domain sendiri, wikipedia.org.

"Aku ingat bahwa hari pertama Aku mengklik edit dan saya menulis 'Hello World' dan itulah awal dari Wikipedia dan semua hal yang telah datang sejak itu," katanya seperti dilansir Sky News, Minggu (16/1/2011).

Situs ini didirikan sebagai cabang dari Nupedia karena editor pada situs web yang tidak senang dengan gagasan yang memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengedit konten, website ini sendiri ditutup pada tahun 2003.

Wikipedia adalah situs pertama untuk memungkinkan penciptaan mudah dan pengeditan sejumlah halaman web saling terkait melalui web browser.

Situs ini hadir di puluhan negara Itu menggunakan bahasa markup yang disederhanakan atau WYSIWYG. Sampai saat ini, Wikipedia memiliki lebih bahwa 3,5 juta artikel dan hampir 23 juta halaman secara total.

Perusahaan ini bergantung pada beberapa 100.000 kontributor rutin yang bekerja secara gratis dan masyarakat umum untuk menulis dan mengedit artikel dalam 270 bahasa.

Situs ini membawa 17 juta artikel dalam bahasa Inggris, menambahkan 1.100 per hari.

Wikipedia memungkinkan hampir semua orang untuk menambahkan atau mengubah entri tanpa pengawasan.

Walaupun akurasinya dianggap tinggi, dengan informasi yang sering diperbarui sebelum berita telah dibuat publik di tempat lain.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini