Waspada Jebakan Phishing Baru di Facebook

Defanie Arianti, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2011 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 22 55 416800 M4RCIFWv2t.jpg Facebook

SAN FRANCISCO - Pengguna Facebook harus semakin hati-hati dalam menggunakan situs jejaring sosial paling populer itu. Jebakan phishing baru kini mengintai user dengan menggunakan wall post ‘Look at You’.

Seperti dilansir Softpedia, Sabtu (22/1/2011), user akan menerima posting berupa link bertuliskan “Check it out here, Look at you haha :p” serta sebuah image dari event publik. Pesan seperti ini, dimana pelaku mengusik rasa ingin tahu user, memang sering digunakan untuk mengelabui para pengguna situs jejaring sosial maupun aplikasi messenger.

Usai mengklik link tersebut, user seolah-olah akan dibawa ke domain apps.facebook.com. Tampilannya pun sangat mirip dengan halaman login Facebook, sehingga user akan berpikiran mereka secara tidak sengaja log out dan harus melakukan login ulang.

Tentu saja, ketika user melakukan login ulang, pelaku dengan mudah membajak akun tersebut dan menggunakannya untuk spamming.

 

Memiliki sekira 600 juta user, Facebook memang menjadi lahan yang sangat menarik bagi para pelaku phishing. Bahkan, jebakan phishing yang kurang meyakinkan pun mampu mengelabui ribuan korban.

 

Berdasarkan analisa Kaspersky Lab, Oktober lalu, setiap 20 menit, muncul tiga ribu korban phishing baru di Facebook.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini