Ribuan Komentar Sanggah Klaim Malaysia Atas Sumatera

Susetyo Dwi Prihadi, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2011 11:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 01 27 55 418472 jLJJ2QwIXs.jpg Pulau Sumatera
JAKARTA - Postingan di Forum Malaysia yang mengklaim kalau Sumantera seharusnya milik Malaysia, diberondong dengan ribuan komentar. Kebanyakan yang berkomentar justru orang Indonesia yang tidak terima dengan klaim tersebut.

Berdasarkan pantauan okezone, postingan yang berjudul 'Sumatra itu milik Malaysia' diposting oleh akun bernama Mohd Am, yang tertulis berasal dari wilayah Kuching, Malaysia, pada tanggal 12 Desember 2010. Hingga saat ini jumlah komentar yang masuk telah mencapai 11,222 lebih.

Dari beberapa halaman komentar yang disambangi, komentar asal Indonesia cukup mendominasi dalam postingan tersebut. Bahkan dalam satu halaman penuh bisa dikomentari oleh akun yang berasal dari Indonesia. Komentar yang disampaikan pun beragam.

"Fakta historik lo bilang? lo tau gak kalau seluruh Malaysia itu adalah milik Indonesia. kenapa? karena Malaysia adalah jajahannya Sriwijaya dan Majapahit, seharusnya Malaysia adalah milik Indonesia..
jadi seluruh daerah Malaysia adalah milik Indonesia Raya," sanggah salah komentar di postingan tersebut.

"Kami orang sumatera udah merdeka, kami tlah merdeka bersama NKRI pada 17 agustus 1945, kami sangat aman, tentram, damai dan rukun dalam hidup kami bersama NKRI. Di sini banyak suku suku, namun kami tidak pernah terpecah belah bahkan kami akur dan hidup rukun, kami saling bertoleransi karena kami tahu bahwa perbedaan adalah suatu kekayaan bagi kami..," tulis komentar yang lain.

Hingga saat ini, postingan di forum tersebut terus dibanjiri oleh komentar kendati dipublikasikan sekira satu bulan yang lalu. Penulis postingan ini pun terlihat cukup aktif membalas tulisan yang dibuat.

Postingan yang ditulis oleh akun Mohd Am tersebut, membeberkan sejarah mengenai kerajaan Johor, yang sekarang menjadi nama salah satu kota di Malaysia, sebagai kerajaan besar yang kekuasaanya mulai dari Sungai Muar, Singapura, hingga Ke Kepulauan Riau, dan sebagian pantai Timur Sumatera.

"Berdasarkan fakta historik ini adalah jelas bahwa Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera itu adalah Jajahan Johor.. iaitu Malaysia sekarang..," klaimnya.

Menilik dari sejarah itu pula, daerah sebagian Sumatera dan Kepulauan Riau seharusnya menjadi milik Malaysia. Namun pada saat perjanjian antara Inggris dan Belanda, dua negara yang pernah menjajah Indonesia dan Malaysia justru menghilangkan batasan kawasan tersebut.

"Jadi sumatera itu harus balik kepada asalnya iaitu termasuk dalam provinsi Johor Malaysia, tetapi penjanjian inggeris-belanda telah memecahkan kawasan jajahan Johor iaitu Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera." tutup postingan tersebut.

(tyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini