NSN Tawarkan Layanan Cloud untuk Developer Apps

Sarie , Jurnalis · Minggu 06 Februari 2011 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 06 54 421857 PFzfA7CjLg.jpg

JAKARTA - Nokia Siemens Networks akan menyediakan model layanan berbasis cloud yang mendorong pengembang lokal untuk membangun aplikasi-aplikasi baru dan inovatif untuk pengguna.

Solusi dan layanan berbasis cloud ini akan dihadirkan di ajang Mobile World Congress, termasuk platform baru yang disediakan untuk Indosat.

Para pelanggan Indosat akan segera dapat menikmati aplikasi-aplikasi layanan bergerak baru dan inovatif. Operator tersebut belum lama ini meluncurkan Program Inkubator Aplikasi (Application Incubator Program) guna mendorong dan mendukung komunitas pengembang untuk membangun aplikasi-aplikasi bergerak yang memiliki diferensiasi. Nokia Siemens Networks mendukung program ini dengan platform berbasis cloud-nya yang akan memungkinkan para pengembang menggunakan aset jaringan telekomunikasi Indosat untuk membangun aplikasi-aplikasi yang lebih menarik dan efisien.

Platform pengembangan telco asset marketplace berbasis cloud dari Nokia Siemens Networks akan memungkinkan para pengembang aplikasi mengakses aset jaringan dengan mudah dan hemat biaya. Dengan teknologi cloud computing (komputasi awan) investasi modal yang besar tidak dibutuhkan, yang normalnya diperlukan untuk platform-platform pengembangan. Lebih dari itu, telco asset marketplace akan terintegrasi erat dengan Service Delivery Framework (SDF) Nokia Siemens Networks yang sudah terpasang di Indosat.

"Para pengembang aplikasi, yang membangun aplikasi untuk berbagai jenis handset, sistem operasi dan mobile web, akan meraih manfaat dari kemampuan pengiriman pesan dan penghitungan biaya (charging) serta informasi lokasi yang secara alami dimiliki oleh kami selaku penyedia layanan," kata Stephen Hobbs, director dan chief technology officer Indosat, melalui keterangannya, Minggu (6/2/2011).

"Telco asset marketplace dari Nokia Siemens Networks akan memfasilitasi platform pengembangan aplikasi kolaboratif yang hemat biaya serta mempercepat pengembangan oleh komunitas pengembang yang antusias," tambahnya.

Telco asset marketplace akan memungkinkan Indosat secara aman membuka Application Programming Interfaces (API) yang dimilikinya bagi pengembang dengan menggunakan mekanisme dan kontrol keamanan terbaik. Para pengembang tersebut akan dapat lebih mudah meraih keuntungan finansial dari aplikasi-aplikasi tersebut dengan memungkinkan pengenaan biaya untuk pembelian aplikasi oleh pengguna prabayar maupun paca-bayar. Hal ini akan sangat menarik di pasar yang penggunaan kartu kredit dan kartu debitnya relatif rendah.

"Penyediaan tools canggih ini akan membantu Indosat menarik pengembang dalam jumlah besar dan meraih manfaat berupa waktu yang lebih singkat untuk memperkenalkan aplikasi-aplikasi baru," kata Harald Preiss, head of the Indosat customer team, Nokia Siemens Networks.

"Inisiatif ini akan memperkuat posisi Indosat di lini depan dalam inovasi aplikasi dan layanan yang saat ini didominasi oleh para pemain TI yang memiliki keunggulan sebagai penggerak pertama," ujarnya.

Di Mobile World Congress, 2011 di Barcelona, Nokia Siemens Networks akan memamerkan telco asset marketplace serta beberapa solusi berbasis cloud baru lainnya. Solusi ini meliputi sebuah portal pengiriman pesan yang menyediakan platform bisnis baru bagi para operator untuk layanan pengiriman pesan, dengan menggunakan kanal media sosial, sebuah pasar jual beli konektivitas yang membantu para operator menjual dan membeli konektivitas dan kapasitas secara on-demand dan platform mesin-ke-mesin berbasis cloud.

(srn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini